ANALISIS GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI ASESMEN DIAGNOSTIK NON KOGNITIF PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS V B SDN TAMANSARI 1

Handayani, Mega Setya (2024) ANALISIS GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI ASESMEN DIAGNOSTIK NON KOGNITIF PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS V B SDN TAMANSARI 1. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Skripsi_RPL_Mega Setya Handayani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pemetaan gaya belajar peserta didik yang dilakukan melalui asesmen diagnostik non kognitif pada pembelajaran IPAS kelas V B SDN Tamansari 1. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif untuk mendapatkan data yang mendalam dan mengandung makna. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret – April 2024. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan sumber data 4 peserta didik kelas V B sebagai perwakilan masing-masing gaya belajar. Uji kredibilitas pada penelitian ini menggunakan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Hasil penelitian menunjukkan adanya variasi gaya belajar di antara peserta didik, dengan 64% memiliki gaya belajar visual, 12% audiotori, 8% kinestetik, dan 16% kombinasi visual-audiotori. Peserta didik dengan gaya belajar visual menunjukkan pemahaman yang lebih baik saat materi disajikan secara visual, sementara peserta didik audiotori lebih responsif terhadap penjelasan lisan. Peserta didik kinestetik lebih terlibat dalam aktivitas fisik, dan mereka yang memiliki kombinasi visual-audiotori menunjukkan kemampuan yang baik dalam memanfaatkan media visual dan audio secara bersamaan, yang meningkatkan pemahaman mereka. Temuan ini memberikan wawasan tentang pentingnya penyesuaian metode pengajaran yang sesuai dengan gaya belajar peserta didik guna meningkatkan hasil belajar. Kata Kunci : gaya belajar, asesmen diagnostik, IPAS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 02 Dec 2024 08:01
Last Modified: 02 Dec 2024 08:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84557

Actions (login required)

View Item View Item