ANALISIS PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR YANG BERASAL DARI PONDOK PESANTREN (Studi Deskriptif terhadap Siswa Kelas V SD Negeri Gamol, Balecatur, Gamping, Sleman)

AYUNI, AYUNI (2024) ANALISIS PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR YANG BERASAL DARI PONDOK PESANTREN (Studi Deskriptif terhadap Siswa Kelas V SD Negeri Gamol, Balecatur, Gamping, Sleman). S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Anggita Oktavia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil analisis prestasi siswa sekolah dasar yang berasal dari pondok pesantren beserta hambatan yang dialami serta faktor yang memengaruhinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penentuan subjek penelitian dilakukan dengan teknik purposive. Subjek penelitian ini yaitu wali kelas V SD Negeri Gamol, siswa kelas V SD Negeri Gamol yang berasal dari pondok pesantren NI, dan pengasuh pondok pesantren NI. Pengumpulan data penelitian dilaksanakan melalui kegiatan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menerapkan model Miles & Huberman (1984) meliputi tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ketercapaian prestasi belajar kognitif siswa SD yang berasal dari pondok pesantren baru mencapai 3 aspek, yaitu pada kemampuan hafalan, pemahaman, dan penerapan, serta belum mencapai 3 aspek prestasi belajar kognitif lainnya yang meliputi kemampuan analisis, sintesis, dan evaluasi, 2) Hambatan yang dialami siswa sekolah dasar dalam mencapai prestasi belajar kognitif meliputi; (a) rendahnya motivasi belajar, (b) rendahnya kedisiplinan belajar, (c) siswa mengantuk saat kegiatan pembelajaran, (d) kurangnya pendampingan belajar, serta (e) lingkungan belajar yang kurang kondusif, 3) Faktor yang memengaruhi proses belajar dan ketercapaian prestasi belajar kognitif siswa SD yang berasal dari pondok pesantren meliputi; (a) motivasi belajar, (b) kedisiplinan belajar, (c) pendampingan belajar, (d) lingkungan belajar, dan (e) daya tangkap siswa terhadap materi pembelajaran. Kata kunci : Prestasi Belajar, Siswa Sekolah Dasar, Pondok Pesantren

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 23 Oct 2024 04:07
Last Modified: 23 Oct 2024 04:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/83962

Actions (login required)

View Item View Item