Hubungan Motivasi Intrinsik Berpartisipasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Dengan Keterampilan Motorik Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 1 Sanden

Aji, Bagaskoro (2024) Hubungan Motivasi Intrinsik Berpartisipasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Dengan Keterampilan Motorik Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 1 Sanden. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_bagaskoro aji_20604221030.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan motivasi intrinsik berpartisipasi dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan berpengaruh terhadap keterampilan motorik peserta didik kelas VI di SD Negeri 1 Sanden. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, dengan desain penelitian korelasional. Populasi yang digunakan adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Sanden, dengan teknik pengambilan data melalui tes dan angket. Sumber data yang diambil adalah data hasil tes, angket, dan dokumen pembelajaran. Instrumen pengukuran motivasi instrinsik menggunakan Intrinsic Motivation Inventory karya Edward L. Deci. Instrumen dialih bahasakan ke dalam bahasa Indonesia oleh Pusat Bahasa Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan Universitas Negeri Yogyakarta. Selanjutnya, divalidasi isi oleh ahli, Nur Sita Utami, M.Or. Uji coba instrumen ini didapatkan hasil 13 butir pernyataan valid. Instrumen keterampilan motorik yang digunakan adalah Test of Gross Motor Development-2 karya Dale A. Ulrich. Validitas t hitung 2,27 > t tabel 1,65 realibilitas 0,765 karya . Teknik analisis data menggunakan uji korelasi dengan mengumpulkan data, mengolah data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara motivasi intrinsik berpartisipasi dalam pembelajaran pendidikan jasmani dengan keterampilan motorik peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Sanden. Berdasarkan uji statistik spearman’s rho pada penelitian inimendapatkan hasil hubungan cukup/lemah dengan perolehan nilai korelasi koefisien 0,263 yang menunjukan nilai tersebut lebih kecil daripada 0,5. Sedangkan pada kriteria signifikansi korelasi/ sig.(2 tailed) mendapatkan hasil 0,203 yang menunjukkan bahwa kedua variabel menunjukan tidak ada signifikansi.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Nur Sita Utami, M.Or.
Uncontrolled Keywords: hubungan, keterampilan motorik, motivasi intrinsik
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 16 Oct 2024 08:32
Last Modified: 16 Oct 2024 08:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/83786

Actions (login required)

View Item View Item