Perbedaan Tingkat Kepercayaan Diri Peserta Didik Kelas VII Reguler Dengan Kelas Khusus Olahraga di SMP Negeri 2 Tempel

Khoirunnisa, Siti (2024) Perbedaan Tingkat Kepercayaan Diri Peserta Didik Kelas VII Reguler Dengan Kelas Khusus Olahraga di SMP Negeri 2 Tempel. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img] Text
fulltext_siti khoirunnisa_20601244126.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat kepercayaan diri peserta didik kelas VII reguler dengan kelas khusus olahraga di SMP Negeri 2 Tempel. Kepercayaan diri sangat penting untuk peserta didik karena merupakan suatu modal dasar untuk mencapai prestasi akademik maupun non akademik. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitaif. Metode yang digunakan adalah survei dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VII reguler dan KKO berjumlah 160 dan digunakan sebagai sampel. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan teknik total sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner 4 jawaban alternatif. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam presentase. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kepercayaan diri peserta didik kelas VII reguler dalam kategori “sedang” dengan hasil 46,09% dan rerata 111,5. Tingkat kepercayaan diri peserta didik kelas VII KKO dalam kategori “sedang” dengan hasil 37,50% dan rerata 112,5. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tingkat kepercayaan diri peserta didik KKO lebih tinggi dibandingkan peserta didik reguler.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Fathan Nurcahyo, M.Or.
Uncontrolled Keywords: kepercayaan diri, peserta didik reguler, peserta didik KKO
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 14 Oct 2024 02:47
Last Modified: 14 Oct 2024 02:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/83645

Actions (login required)

View Item View Item