PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR SE-GUGUS 1 KECAMATAN DEPOK

Safitri, Kurnia Ajeng (2024) PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR SE-GUGUS 1 KECAMATAN DEPOK. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
SKRIPSI FIX_KURNIA AJENG SAFITRI (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kepercayaan diri siswa yang menyebabkan hasil belajar menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan diri terhadap hasil belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar seGugus 1 Kecamatan Depok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post facto. Penelitian dilaksanakan di Sekolah Dasar se-Gugus 1 Kecamatan Depok. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV sebanyak 107 orang. Data yang dikumpulkan untuk variabel kepercayaan diri menggunakan lembar kuesioner, sedangkan variabel hasil belajar menggunakan nilai PAS semester ganjil/gasal tahun ajaran 2023. Uji validitas pada penelitian ini menggunakan validitas isi (analisis faktor) dan uji reliabilitas menggunakan koefisien Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara kepercayaan diri terhadap hasil belajar siswa berdasarkan nilai t pada uji analisis regresi linear sederhana. Hal tersebut diketahui nilai thitung sebesar 11,2019 > ttabel sebesar 0.67698 dan nilai signifikasi 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel kepercayaan diri (X) berpengaruh terhadap variabel hasil belajar (Y). Koefisien regresi linear sederhana bernilai positif, maka semakin tinggi variabel kepercayaan diri maka akan semakin tinggi variabel hasil belajar dan sebaliknya. Selain itu, terdapat nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,559 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel bebas (kepercayaan diri) terhadap variabel terikat (hasil belajar) siswa kelas IV di Sekolah Dasar se-Gugus 1 Kecamatan Depok sebesar 55,9%. Kata Kunci: pengaruh, kepercayaan diri, hasil belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 07 Oct 2024 01:54
Last Modified: 07 Oct 2024 01:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/83582

Actions (login required)

View Item View Item