Marsono, Eko (2024) Pengembangan Instrumen Pengukuran Disiplin Pola Asuh Orang Tua Pada Peserta Didik SD Kelas Atas. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.
|
Text
fulltext_eko marsono_21604251027.pdf Download (9MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan instrumen untuk mengukur disiplin pola asuh orang tua pada peserta didik SD kelas atas, (2) mendeskripsikan kualitas instrumen untuk mengukur disiplin pola asuh orang tua pada peserta didik SD kelas atas dan (3) mendeskripsikan hasil pengukuran menggunakan instrumen penilaian disiplin pola asuh orang tua peserta didik SD yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, yang umumnya dikenal sebagai Penelitian dan Pengembangan (R&D), dilaksanakan melalui penerapan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implemetation, Evaluation). Subyek penelitian ini adalah peserta didik SD kelas atas di SDN 1 Pingit Yogyakarta. Tahap Analysis dilakukan melalui studi literatur, analisis kebutuhan dan analisis kareakteristik siswa, tahap design dilakukan perancangan butir pernyataan. Tahap development dilakukan validitas isi oleh para pakar dan validitas konstruk dengan cara menguji coba terbatas pada partisipan dengan sampel sebanyak 37 siswa dan menganalisis dengan metode exploratory factor analysis (EFA). Tahap implementation, diakukan ujicoba lebih luas pada 104 peserta didik SD kelas atas yang ada di Yogyakarta, dan melakukan uji kecocokan model dengan analisis faktor konfirmatori CFA. Tahap evaluation dilakukan untuk memastikan bahwa instrumen yang dirancang dapat mengukur apa yang seharusnya diukur dan memberikan hasil yang konsisten Hasil dari penelitian ini adalah (1) Instrumen penilaian disiplin pola asuh orang tua yang dikembangkan berbentuk self-assessment memiliki konstruksi dalam bentuk skala Likert dengan lima pilihan jawaban sebanyak 29 butir pernyataan (2) Instrumen penilaian pola disiplin orang tua memenuhi syarat digunakan untuk menilai berdasarkan uji validitas dan reliabilitas nya. Hasil validitas konstruk dengan analisis faktor konfirmatori menunjukkan loading factor yang telah melebihi standar 0,4 dan dianggap memiliki tingkat keandalan yang tinggi, nilai reliabilitas nya 0,7 atau melebihi. Hasil uji kesesuaian model menunjukkan nilai pembuktian hasil nilai p-values = 0,1267; CFI = 0,979; SRMR=0,069 ; RMSEA= 0,029 dengan hasil reliabilitas butir-butir dalam tiap dimensi/faktor > 0,7, (3) Hasil pengukuran disiplin pola asuh orang tua menunjukkan bahwa karakter disiplin mendominasi dengan persentase sebesar 36%, diikuti oleh karakter cukup disiplin yang mencapai 31%. Sementara karakter sangat disiplin mencapai 22%, karakter kurang disiplin mencapai 8% dan hanya sebagian kecil peserta didik yang tidak disiplin, dengan persentase sebesar 3%.
| Item Type: | Thesis (S2) |
|---|---|
| Additional Information: | Dosen Pembimbing: Dr. Hari Yuliarto, M.Kes. |
| Uncontrolled Keywords: | instrumen disiplin, pola asuh, peserta didik SD kelas atas |
| Subjects: | Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar |
| Depositing User: | Perpustakaan FIK |
| Date Deposited: | 08 Oct 2024 03:58 |
| Last Modified: | 08 Oct 2024 03:58 |
| URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/83434 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
