Perbedaan Tingkat Kesegaran Jasmani Peserta Didik Kelas V di SD Negeri Purwareja dan di SD Negeri Tukangan Tahun 2023/2024

Mumfarid, Akmal Ahmad (2024) Perbedaan Tingkat Kesegaran Jasmani Peserta Didik Kelas V di SD Negeri Purwareja dan di SD Negeri Tukangan Tahun 2023/2024. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img] Text
fulltext_akmal ahmad mumfarid_20604221057.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat kesegaran jasmani antara peserta didik kelas V di SD Negeri Purwareja dan di SD Negeri Tukangan tahun 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan metode survei dengan teknik pengambilan data menggunakan tes. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri Purwareja yang berjumlah 18 peserta didik dan peserta didik kelas V SD Negeri Tukangan yang berjumlah 20 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tes Kesegaran Jasmani Indonesia (TKJI) usia 10-12 tahun. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan tingkat kesegaran jasmani antara peserta didik kelas V di SD Negeri Purwareja dan di SD Negeri Tukangan tahun 2023/2024. Tingkat kesegaran jasmani peserta didik kelas V di SD Negeri Purwareja lebih baik daripada peserta didik kelas V di SD Negeri Tukangan. Tingkat kesegaran jasmani peserta didik kelas V SD Negeri Purwareja berada dalam kategori sedang dengan rata-rata nilai sebesar 14,78. Sedangkan tingkat kesegaran jasmani peserta didik kelas V SD Negeri Tukangan berada dalam kategori kurang dengan rata-rata nilai sebesar 10,40. Maka, hasil ini menunjukan terdapat perbedaan tingkat kesegaran jasmani peserta didik kelas V SD Negeri Purwareja dan SD Negeri Tukangan bahwa tingkat kesegaran jasmani peserta didik kelas V SD Negeri Purwareja lebih baik dari SD Negeri Tukangan.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Aris Fajar Pambudi, M.Or.
Uncontrolled Keywords: perbedaan, kesegaran jasmani, SD Negeri Purwareja, SD Negeri Tukangan
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 25 Sep 2024 04:37
Last Modified: 25 Sep 2024 04:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/83415

Actions (login required)

View Item View Item