Hubungan Antara Status Gizi dengan Aktivitas Fisik Peserta Didik SMPS Anugerah Tanjungpinang Tahun Ajaran 2023/2024

Rakhmah, Putri Nur (2024) Hubungan Antara Status Gizi dengan Aktivitas Fisik Peserta Didik SMPS Anugerah Tanjungpinang Tahun Ajaran 2023/2024. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img] Text
fulltext_putri nur rakhmah_18601241119.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara status gizi dengan aktivitas fisik pada peserta didik SMPS Anugerah Tanjungpinang Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik SMPS Anugerah Tanjungpinang dengan total 39 orang. Teknik pengambilan sampel dengan total sampling atau sampel jenuh. Instrumen yang digunakan untuk mengukur variabel status gizi yaitu timbangan badan sebagai alat ukur berat badan (kg) dan microtoise sebagai alat ukur tinggi badan (m), dan variabel aktivitas fisik diukur menggunakan kuisioner The Physical Activity Questionnaire for Adolescents (PAQ-A). Teknik analisis data menggunakan rumus koefisien korelasi Rank Spearman pada taraf signifikansi 0,05 (5%). Berdasarkan hasil analisis, diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan nilai rhit = 0,529 > r(0,05) (37) = 0,407. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa ada hubungan yang signifikan pada tingkat sedang antara status gizi dengan aktivitas fisik peserta didik SMPS Anugerah Tanjungpinang Tahun Ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Nur Rohmah Muktiani, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: peserta didik, status gizi, aktivitas fisik
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 17 Sep 2024 03:38
Last Modified: 17 Sep 2024 03:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/83289

Actions (login required)

View Item View Item