Pengaruh Latihan Back Up dan Core Stability Exercis Terhadap Kekuatan Otot Togok Pemain Sepak Bola PS Sekongkang Ditinjau Dari Keseimbangan

Hartanto, Alan (2024) Pengaruh Latihan Back Up dan Core Stability Exercis Terhadap Kekuatan Otot Togok Pemain Sepak Bola PS Sekongkang Ditinjau Dari Keseimbangan. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img] Text
fulltext_alan hartanto_21611251078.pdf

Download (3MB)

Abstract

Model latihan Back up dan Core stability exercis merupakan dua model yang dapat digunakan oleh pelatih untuk dapat meningkatkan Kekuatan Otot Togok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan pengaruh antara latihan Back up dan Core stability exercis terhadap Kekuatan Otot Togok; (2) perbedaan pengaruh antara atlet yang mempunyai keseimbangan tinggi dan rendah terhadap Kekuatan Otot Togok atlet sepak bola; (3) Interaksi antara Model latihan Back up dan Core stability exercis serta keseimbangan tinggi dan rendah terhadap Kekuatan Otot Togok atlet sepak bola. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan faktorial 2x2. Populasi dalam penelitian ini adalah atlet sepak bola PS Sekongkang yang berjumlah 38 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 orang yang kemudian dilakukan secara ordinal pairing untuk membagi setiap kelompoknya. Instrumen yang digunakan yaitu untuk mengukur kekuatan yaitu Back and Leg Dynamometer sedangkan keseimbangan menggunakan Modified Bass Test. Teknik analisis data yang digunakan yaitu ANOVA two way. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara latihan Back up dan Core stability exercis terhadap Kekuatan Otot Togok, yang dibuktikan dengan nilai signifikansi p sebesar 0,001 dan nilai F sebesar 17,600. Karena nilai signifikansi p sebesar 0,001 < 0,05, berarti H0 ditolak. (2) ada perbedaan pengaruh yang signifikan pada kemampuan keseimbangan tinggi dan rendah terhadap Kekuatan Otot Togok atlet sepak bola, yang dibuktikan dengan hasil bahwa nilai signifikansi p sebesar 0,000 dan nilai F sebesar 5,309. Karena nilai signifikansi p sebesar 0,000 < 0,05, berarti H0 ditolak. (3) Terdapat interaksi yang signifikan antara latihan Back up dan Core stability exercis terhadap Kekuatan Otot Togok pemain sepak bola, yang dibuktikan dengan hasil nilai signifikansi p sebesar 0,002 dan nilai F sebesar 21,327. Karena nilai signifikansi p sebesar 0,002 < 0,05, maka Ho ditolak.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Yustinus Sukarmin, M.S.
Uncontrolled Keywords: back up, core stability exercis, kekuatan togok, keseimbangan
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 17 Sep 2024 02:32
Last Modified: 17 Sep 2024 02:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/83285

Actions (login required)

View Item View Item