Hubungan Kemampuan Motorik dan Kepercayaan Diri Terhadap Keterampilan Bermain Sepakbola Peserta Didik Ekstrakurikuler Sepakbola SMP Negeri 1 Tempel

Wibowo, M. Anom Candra (2024) Hubungan Kemampuan Motorik dan Kepercayaan Diri Terhadap Keterampilan Bermain Sepakbola Peserta Didik Ekstrakurikuler Sepakbola SMP Negeri 1 Tempel. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img] Text
fulltext_m. anom candra wibowo_20601244135.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan motorik dan kepercayaan diri terhadap keterampilan bermain sepakbola peserta didik ekstrakurikuler sepakbola SMP Negeri 1 Tempel. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Pengambilan data ini dilaksanakan pada bulan April 2024 di SMP Negeri 1 Tempel. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik ekstrakurikuler sepakbola SMP Negeri 1 Tempel dengan teknik sampling yang digunakan adalah total sampling sejumlah 30 peserta didik. Teknik pengumpulan data untuk tes kemampuan motorik dengan barrow motor ability test, tes kepercayaan diri dengan angket, dan tes keterampilan bermain sepakbola dengan menggunakan games performance assesment instrument (GPAI). Analisis data menggunakan uji prasyarat, dan uji hipotesis korelasi sederhana dan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada hubungan yang signifikan antara kemampuan motorik dengan keterampilan bermain sepakbola, nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05: (2) ada hubungan yang signifikan antara kepercayaan diri dengan keterampilan bermain sepakbola, nilai signifikansinya sebesar 0,026 < 0,05 (3) ada hubungan yang signifikan antara kemampuan motorik dan kepercayaan diri dengan keterampilan bermain sepakbola, nilai signifikansinya sebesar 0,000 < 0,05. Kemudian derajat hubungan antara varuabel kemampuan motorik (X1) dan kepercayaan diri (X2) dengan keterampilan bermain sepakbola (Y) yaitu termasuk ke dalam kategori korelasi kuat, dilihat dari nilai koefisien korelasi (R)sebesar 0,754.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Yudanto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: kemampuan motorik, kepercayaan diri, keterampilan bermain sepakbola
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 12 Sep 2024 04:41
Last Modified: 12 Sep 2024 04:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/83253

Actions (login required)

View Item View Item