Pengaruh Latihan Squat dengan Pembebanan Barbell dan Resistance Band terhadap Power Tungkai Ditinjau dari Kecepatan Atlet Bola Voli Maguwo Volleyball Club (MVC)

Rudiyanto, Dikdoyo (2024) Pengaruh Latihan Squat dengan Pembebanan Barbell dan Resistance Band terhadap Power Tungkai Ditinjau dari Kecepatan Atlet Bola Voli Maguwo Volleyball Club (MVC). S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img] Text
fulltext_dikdoyo rudiyanto_21632251026.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Perbedaan pengaruh antara latihan squat dengan pembebanan barbell dan squat resistance band terhadap peningkatan power tungkai atlet bola voli MVC. (2) Perbedaan pengaruh antara pemain yang memiliki kecepatan tinggi dan kecepatan rendah terhadap peningkatan power tungkai atlet bola voli MVC. (3) Interaksi antara latihan latihan squat dengan pembebanan (barbell dan resistance band) dengan kecepatan (tinggi dan rendah) terhadap peningkatan power tungkai atlet bola voli MVC. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan rancangan faktorial 2 x 2. Populasi penelitian adalah atlet bola voli Maguwo Volleyball Club (MVC). Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dengan kriteria (1) masih aktif latihan, (2) berjenis kelamin laki-laki, (3) tidak dalam keadaan sakit, (4) bersedia mengikuti aturan pada treatment yang diterapkan. Berdasarkan kriteria tersebut yang memenuhi berjumlah 20 atlet. Instrumen kecepatan diukur menggunakan lari 20 m dan power tungkai diukur menggunakan vertical jump. Analisis data menggunakan ANOVA two-way. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan latihan squat dengan pembebanan (barbell dan resistance band) terhadap power tungkai atlet bola voli MVC, dengan F-value sebesar 12,100 > F tabel (1;19) 4,38 dan p-value 0,003 < 0,05. Kelompok latihan squat dengan pembebanan resistance band lebih baik dibandingkan kelompok latihan squat dengan pembebanan barbell dengan selisih rata-rata posttest sebesar 1,1 cm. (2) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara atlet dengan kecepatan tinggi dan rendah terhadap power tungkai atlet bola voli MVC, dengan F-value 8,100 > F tabel (1;19) 4,38 dan p-value 0,012 < 0,05. Atlet dengan kecepatan tinggi lebih baik dibandingkan atlet kecepatan rendah dengan selisih rata-rata posttest sebesar 1,1 cm. (3) Ada interaksi yang signifikan latihan squat dengan pembebanan (barbell dan resistance band) dan kecepatan (tinggi dan rendah) terhadap power tungkai atlet bola voli MVC, dengan F-value 28,900 > F tabel (1;19) 4,38 dan p- value 0,000 < 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok latihan squat dengan pembebanan resistance band merupakan metode yang lebih efektif digunakan untuk atlet dengan kecepatan tinggi dan kelompok latihan squat dengan pembebanan barbell lebih efektif digunakan untuk atlet dengan kecepatan rendah.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Fauzi, M.Si.
Uncontrolled Keywords: squat barbell, squat resistance band, kecepatan, power tungkai
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 27 Aug 2024 07:05
Last Modified: 27 Aug 2024 07:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/83049

Actions (login required)

View Item View Item