Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Dalam Meningkatkan Keterampilan Jurus Tunggal Tangan Kosong di Kelas VIII SMP Negeri 1 Leuwimunding

Rizki, Muhamad Fatur Maulana (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Dalam Meningkatkan Keterampilan Jurus Tunggal Tangan Kosong di Kelas VIII SMP Negeri 1 Leuwimunding. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img] Text
fulltext_muhamad fatur maulana rizki_20601241016.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran teams games tournament (TGT) dalam meningkatkan keterampilan jurus tunggal tangan kosong pada aspek (1) gerakan pukulan, (2) gerakan tangkisan, (3) gerakan tendangan (4) gerakan elakan, (5) keserasian gerakan yang di lakukan pada kelas VIII SMP Negeri 1 Leuwimunding Kabupaten Majalengka. Penelitian ini menggunakan eksperimen semu (quasi experiment) menggunakan metode One-Group Pretest-Posttest Design”. Subjek penelitian ini siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Leuwimunding Kabupaten Majalengka yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria yang diambil adalah kelas VIII. Sampel dalam penelitian ini menggunakan satu kelas tanpa adanya kelas control. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes keterampilan jurus 1 tunggal tangan kosong. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya nilai uji-t diperoleh nilai thitung (-18,853) >ttabel(0,05)29(16,99) dengan Sig. (2-tailed) (0,00) yang berarti < α 0,05. Dapat ditarik kesimpulan bahwasanya dari hasil penelitian terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil pretest dan posttest. Terdapat peningkatan keterampilan jurus tunggal tangan kosong memiliki rata-rata sebesar 12,2000 meningkat menjadi 19,8333 setelah diterapkannya treatment/perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran teams games tournament (tgt). Rerata kenaikan peningkatan keterampilan jurus tunggal tangan kosong sebesar 7,6333.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Soni Nopembri, Ph.D.
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran kooperatif TGT, jurus tunggal, pencak silat
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 13 Sep 2024 06:58
Last Modified: 13 Sep 2024 06:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/83043

Actions (login required)

View Item View Item