Survei Sarana Dan Prasarana Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Pada Sekolah Menengah Pertama Se-Kecamatan Prambanan Tahun 2024

Dzulfaqor, Razan Nuhad (2024) Survei Sarana Dan Prasarana Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Pada Sekolah Menengah Pertama Se-Kecamatan Prambanan Tahun 2024. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img] Text
fulltext_razan nuhad dzulfaqor_20601244069.pdf

Download (8MB)

Abstract

enelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui seberapa baik sarana PJOK di SMP se-Kecamatan Prambanan Kabupaten Sleman Tahun 2024/2025; (2) Mengetahui seberapa baik prasarana PJOK di SMP se-Kecamatan Prambanan Kabupaten Sleman Tahun 2024/2025. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei menggunakan lembar observasi. Penelitian ini menggunakan teknik total sampling karena populasi hanya sedikit terdiri dari seluruh SMP se-Kecamatan Prambanan dengan total 9 sekolah antara lain SMP N 1 Prambanan, SMP N 2 Prambanan, SMP N 3 Prambanan, SMP N 4 Prambanan, SMP Muh 1 Prambanan, SMP Muh 2 Prambanan, SMP MBS, SMP IT Baitussalam, MTS N 8 Sleman, dengan objek penelitian berupa sarana dan prasarana PJOK. Data yang sudah didapatkan melalui lembar observasi kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif menggunakan ms. Excel kemudian mengklasifikasikan jenis data dalam kategori “sangat baik”, “baik”, “sedang”, “kurang”, atau “kurang sekali” dengan bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) sarana dan prasarana PJOK SMP se-Kecamatan Prambanan rata-rata masuk kategori “sedang”. (2) Sekolah dengan sarana paling baik adalah MTS N 8 Sleman sedangkan sekolah dengan sarana paling kurang adalah SMP Muhammadiyah 2 Prambanan. (3) Sekolah dengan prasarana paling baik adalah SMP Muhammadiyah Boarding School sedangkan sekolah dengan prasarana paling kurang adalah SMP Muhammadiyah 2 Prambanan. (4) SMP Negeri se-Kecamatan Prambanan memiliki sarana dan prasarana PJOK yang lebih baik jika dibandingkan dengan SMP Swasta seKecamatan Prambanan.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Tri Ani Hastuti, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: PJOK, prasarana, sarana, SMP
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 27 Aug 2024 06:19
Last Modified: 27 Aug 2024 06:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82975

Actions (login required)

View Item View Item