Pengaruh Program Latihan Dengan 3 Tingkatan Terhadap Kemampuan Teknik Dasar Renang Gaya Crawl KU 5

Nabila, Ruhil Ayudia (2024) Pengaruh Program Latihan Dengan 3 Tingkatan Terhadap Kemampuan Teknik Dasar Renang Gaya Crawl KU 5. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img] Text
fulltext_ruhil ayudia nabila_17602241052.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh program latihan dengan 3 tahapan terhadap kemampuan teknik dasar renang gaya crawl dalam meningkatkan kemapuan teknik dasar renang gaya crawl pada KU 5. Penelitian ini yang menggunkan metode eksperimen dengan desain pre experimental dengan one-shot. Sampel dalam penelitian adalah atlet renang di Arwana Swimming Club Kabupaten Sleman yang berjumlah 20 anak. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh dengan kriteria atlet yang berusia 7-8 tahun yang sudah lancar berenang gaya crawl. Instrumen tes menggunakan tes rubik penilaian keterapilan renang gaya crawl yang dilakukan pada tes awal dan akhir. Teknik analisis data ini mengunakan SPSS 27. Hasil penelitian ini menunjukkan program latihan dengan 3 tahapan terhadap kemampuan teknik dasar renang gaya crwal berdasarkan hasil pre-test dan post-test pada 20 sampel diperoleh nilai 2,97 pada saat pre-test dan pada saat saat post tes diperoleh nilai 3,20. Pada saat pre-test dan post-test mengalami peningkatkan dengan taraf signifikan >0,05 dapat ditarik kesimpuan bahwa Pengaruh Program Latihan Dengan 3 Tahapan Terhadap Kemapuan Teknik Dasar Renang Gaya Crawl sangat efektif untuk kemapuan latihan teknik gaya Crawl pada KU 5 di club Awrana.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Agus Supriyanto, M.Si.
Uncontrolled Keywords: program latihan, terhadap kemampuan teknik dasar renang gaya crawl
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 22 Aug 2024 04:21
Last Modified: 22 Aug 2024 04:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82925

Actions (login required)

View Item View Item