Hubungan Gaya Kepemimpinan Demokratis Guru dengan Motivasi Belajar PJOK Peserta Didik Kelas VII di SMP Negeri 1 Mlati, Kab. Sleman

Nugroho, Panji Agung (2024) Hubungan Gaya Kepemimpinan Demokratis Guru dengan Motivasi Belajar PJOK Peserta Didik Kelas VII di SMP Negeri 1 Mlati, Kab. Sleman. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img] Text
fulltext_panji agung nugroho_20601241125.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara gaya kepemimpinan demokratis guru dengan motivasi belajar PJOK peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Mlati, Kab. Sleman. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional dengan metode deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket. Penelitian ini dilaksanakan pada Kamis, 28 April 2024 di SMP Negeri 1 Mlati. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Mlati. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik convenience sampling sehingga didapatkan 92 responden. Instrumen gaya kepemimpinan demokratis guru dan motivasi belajar PJOK diukur menggunakan angket. Teknik analis data menggunakan analisis Spearman rank corelation. Hasil penelitian ini menunjukan adanya hubungan yang signifikan antara gaya kepemimpinan demokratis guru PJOK dengan motivasi belajar PJOK peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Mlati, hal tersebut dibuktikan dengan nilai rhitung 0.644 > rtabel 0.203 dan sig 0,000 < 0,05. Sumbangan gaya kepemimpinan demokratis guru PJOK dengan motivasi belajar PJOK peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Mlati sebesar 41,47%. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa jika gaya kepemimpinan demokratis guru semakin baik maka motivasi belajar PJOK akan semakin baik.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Amat Komari, M.Si.
Uncontrolled Keywords: gaya kepemimpinan demokratis, motivasi belajar PJOK
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 22 Aug 2024 02:48
Last Modified: 22 Aug 2024 02:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82921

Actions (login required)

View Item View Item