Hubungan Gangguan Media Sosial Dengan Aktivitas Fisik Peserta Didik Kelas V di SD Negeri Ambarukmo Kapanewon Depok Kabupaten Sleman DIY

Hidayat, Putri Asmara Widiya (2024) Hubungan Gangguan Media Sosial Dengan Aktivitas Fisik Peserta Didik Kelas V di SD Negeri Ambarukmo Kapanewon Depok Kabupaten Sleman DIY. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img] Text
fulltext_putri asmara widiya hidayat_20604221038.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara gangguan media sosial dengan aktivitas fisik peserta didik kelas V di Sekolah Dasar Negeri Ambarukmo Kapanewon Depok Kabupaten Sleman DIY. Penelitian ini adalah penelitian korelasi kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri Ambarukmo yang berjumlah 25 peserta didik. Teknik dalam pengambilan data menggunakan Total Sampling. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner Social Media Disorder Scale-5 (SDM Scale-5) yang dikembangkan oleh Regina (2016, p. 483) dan The Physical Activity Questionnaire for Older Children (PAQ-C) yang dikembangkan oleh Kowalski (2004, pp. 6-7). Terdapat dua variabel bebas yaitu variabel 1 gangguan media sosial dan variabel 2 aktivitas fisik. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis yang terdiri dari uji normalitas dan uji linearitas. Hasil penelitian hubungan gangguan media sosial peserta didik kelas V di Sekolah Dasar Negeri Ambarukmo menunjukkan nilai korelasi antara gangguan media sosial terhadap aktivitas fisik sebesar 0,000. Koefisien korelasi pearson yang diperoleh bernilai negatif, dan berdasarkan pengujian hipotesis hubungan keduanya signifikan.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Nur Sita Utami, M.Or.
Uncontrolled Keywords: gangguan media sosial, aktivitas fisik, peserta didik kelas V
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 26 Aug 2024 03:12
Last Modified: 26 Aug 2024 03:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82905

Actions (login required)

View Item View Item