Nurfaizah, Desta Ariani (2024) PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD NGOTO BANTUL MENGGUNAKAN MODEL TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.
![]() |
Text
Desta Ariani Nurfaizah_20108241091_Skripsi Fix (1).pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IVA pada pembelajaran Pendidikan Pancasila di SD Ngoto Bantul menggunakan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas IVA SD Ngoto Bantul yang berjumlah 18 siswa, dengan 7 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc taggart yang tindakannya dilaksanakan dalam dua siklus. Dalam setiap siklus terdapat empat tahapan yang digunakan yaitu: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala motivasi belajar, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat peningkatan motivasi belajar siswa kelas IVA melalui model pembelajaran TGT pada pembelajaran Pendidikan Pancasila. Penggunaan model TGT dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila mampu menarik perhatian siswa dan memotivasi siswa untuk mengikuti proses pembelajaran. Peningkatan tersebut ditunjukkan dengan rata-rata persentase motivasi belajar siswa meningkat pada setiap siklusnya. Pada pra siklus, rata-rata persentase motivasi belajar siswa adalah 69% kemudian pada siklus I meningkat menjadi 72,8% dan kembali meningkat menjadi 80,6% pada siklus II. Kata kunci : Motivasi belajar , Pendidikan Pancasila, Teams Games Tournament (TGT)
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi Pendidikan > Media Pendidikan Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 14 Jun 2024 04:49 |
Last Modified: | 14 Jun 2024 04:49 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82401 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |