UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI PENERAPAN MODEL PBL DALAM MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA PADA SISWA KELAS IV SDN 1 WIRUN

Priandari, Risma (2024) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI PENERAPAN MODEL PBL DALAM MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA PADA SISWA KELAS IV SDN 1 WIRUN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Tugas Akhir Skripsi_Risma Priandari_NIM 20108244072_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran IPAS materi keberagaman budaya menggunakan model PBL pada kelas IV SDN 1 Wirun. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur, dokumentasi, observasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV di SDN 1 Wirun yang berjumlah 33 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I hasil kemampuan berpikir kritis siswa dengan kategori baik memperoleh presentase sebesar 27% dan mengalami peningkatan sebesar 45% menjadi 72% pada siklus II. Adapun keseluruhan indikator kemampuan berpikir kritis memiliki presentase mencapai lebih dari 70%. Selain itu presentase ketuntasan KKM nilai siswa meningkat 43% dari 45% pada siklus I menjadi 88% pada siklus II. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model PBL dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam materi keberagaman budaya Indonesia karena telah memenuhi kriteria keberhasilan penelitian. Kata kunci: Berpikir Kritis, Model PBL, Pembelajaran IPAS.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 12 Jun 2024 08:49
Last Modified: 12 Jun 2024 08:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82353

Actions (login required)

View Item View Item