PENGARUH METODE PERCOBAAN TERHADAP KEMAMPUAN BERNALAR KRITIS SISWA SD

Fitri Anjani, Farika Ayu (2024) PENGARUH METODE PERCOBAAN TERHADAP KEMAMPUAN BERNALAR KRITIS SISWA SD. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Skripsi_Farika Ayu Fitri Anjani_20108244012.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Percobaan terhadap kemampua bernalar kritis siswa kelas V di SDN Grogol IV. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Gugus Karangmojo dengan jumlah 85 siswa, dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas V A (kelas eksperimen) yang berjumlah 17 siswa dan kelas V B (kelas kontrol) yang berjumlah 17 siswa di SDN Grogol IV. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Normalitas dan Uji Wilxocon. Hasil tersebut dapat ditunjukan dengan hasil uji hipotesis yang menunjukkan bahwa nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,043 lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05. Selain itu, juga dapat dilihat dari rata-rata hasil post-test yaitu dengan penggunaan metode percobaan sebesar 81,76 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 45, sedangkan dengan penggunaan metode konvensional sebesar 46,65 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 50. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode percobaan berpengaruh positif kemampuan bernalar kritis siswa kelas V SDN Grogol IV. Kata kunci: Kemampuan Bernalar Kritis, Metode Percobaan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 10 Jun 2024 07:09
Last Modified: 10 Jun 2024 07:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82319

Actions (login required)

View Item View Item