PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS IV.B PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA SD MUHAMMADIYAH MUTIHAN TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Nurohmah, Lutfiana (2024) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS IV.B PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA SD MUHAMMADIYAH MUTIHAN TAHUN PELAJARAN 2023/2024. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
20108244028_Lutfiana Nurohmah_Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peningkatan keaktifan belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik mata pelajaran Pendidikan Pancasila melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada kelas IV.B SD Muhammadiyah Mutihan. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis & Mc. Taggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, tindakan, pengamatan (observasi), dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah 27 peserta didik kelas IV.B SD Muhammadiyah Mutihan. Teknik pengumpulan data uang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes kemampuan berpikir kritis, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan keaktifan belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV.B SD Muhammadiyah Mutihan. Peneliti memperoleh hasil observasi keaktifan belajar peserta didik pada siklus I bahwa terdapat 74% peserta didik yang tuntas dan 26% peserta didik tidak tuntas. Keaktifan belajar peserta didik pada siklus II meningkat menjadi 93% peserta didik yang tuntas dan 7% peserta didik tidak tuntas. Kemampuan berpikir kritis peserta didik mengalami peningkatan yang semula ketuntasan kelas pada siklus I hanya sebesar 37%, kemudian ketuntasan kelas pada siklus II menjadi 93%. Kata Kunci: Berpikir Kritis, Keaktifan Belajar, Problem Based Learning (PBL)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 20 May 2024 07:00
Last Modified: 20 May 2024 07:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/82004

Actions (login required)

View Item View Item