PENGARUH KETELADANAN GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI DI GUGUS I KEMANTREN KOTAGEDE

Ary Saputri, Adhistasya Mahiswara (2024) PENGARUH KETELADANAN GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI DI GUGUS I KEMANTREN KOTAGEDE. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
FULL TEXT SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Keteladanan guru dan motivasi belajar mempunyai pengaruh terhadap kedisiplinan belajar. Dengan keteladanan guru dan motivasi belajar yang tepat, maka memungkinan siswa untuk memilki tingkat kedisiplinan belajar yang tinggi. Penelitian ini bertujuan guna mengetahui pengaruh keteladanan guru dan motivasi belajar terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas V di Gugus I Kemantren Kotagede. Penelitian ini adalah penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian terdiri dari 117 siswa yang dipilih menggunakan teknik pengambilan sampel berdasarkan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan sampling sebesar 5% dari jumlah populasi yang mencapai 166 siswa. Untuk menganalisis pengaruh setiap variabel, penelitian ini menggunakan metode uji regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan yaitu: 1) keteladanan guru berpengaruh secara signifikan terhadap kedisiplinan belajar siswa; 2) motivasi belajar berpengaruh secara signifikan terhadap kedisiplinan belajar siswa; 3) keteladanan guru dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap kedisiplinan belajar siswa dibuktikan dengan sumbangan efektif sebesar 55,9%. Kata Kunci : keteladanan guru, motivasi belajar, kedisiplinan siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi
Filsafat. Psikologi. Agama > Agama
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 20 May 2024 02:58
Last Modified: 20 May 2024 02:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81972

Actions (login required)

View Item View Item