Pengaruh Latihan Element Aerobic Gymnastics Berbasis Permainan Terhadap Peningkatan Kekuatan Lengan, Keseimbangan dan Kelentukan Pada Atlet Usia 7-8 Tahun.

Arwani, Sindy Nur Laila Aziiz (2024) Pengaruh Latihan Element Aerobic Gymnastics Berbasis Permainan Terhadap Peningkatan Kekuatan Lengan, Keseimbangan dan Kelentukan Pada Atlet Usia 7-8 Tahun. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_sindy nur laila aziiz arwani_21632251007.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh latihan elem ent aerobic gymnastics berbasis permainan terhadap peningkatan kekuatan lengan, keseimbangan kanan kiri dan kelentukan kanan kiri pada atlet usia 7 8 tahun; (2) interaksi antara metode latihan element aerobic gymnastics berbasis permainan terhadap peningka tan kekuatan lengan, keseimbangan kanan kiri dan kelentukan kanan kiri pada atlet usia 7 8 tahun. Jenis peneliti menggunakan metode penelitian eksperimen kuasi ( Quasi Experimental Design ), desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh atlet arobic gymnastics yang berusia 7 8 tahun yang berada di klub senam aerobic gymnastics Gunungkidul dan seluruh atlet senam usia 7 8 tahun yang pernah mengikuti festival senam DIY yang total berjumlah 36 orang. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Ada pengaruh yang signifikan antara latihan menggunakan model latihan element aerobic gymnastics berbasis permainan terhadap peningkatan kekuatan lengan, keseimbangan kanan kiri dan kelentukan kanan kiri pada atlet senam aerobik usia 7 8 tahun, dengan nila i F sebesar 4,082 dan nilai signifikasi p sebesar 0,006 < 0,05. Kelompok eksperimen dengan metode latihan berbasis permainan lebih baik dibandingkan dengan kelompok kontrol metode latihan element biasa. (2) Adanya interaksi yang signifikan dalam menggunaka n model latihan element aerobic gymnastics berbasis permainan terhadap keseimbangan atlet senam aerobik usia 7 8 tahun, dengan nilai F sebesar 80,931 dan nilai signifikasi p sebesar 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Endang Rini Sukamti, M.S.
Uncontrolled Keywords: aerobic gymnastics, permainan, kekuatan lengan, keseimbangan, kelentukan
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 22 Mar 2024 03:45
Last Modified: 22 Mar 2024 03:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/81467

Actions (login required)

View Item View Item