KEEFEKTIFAN METODE PAIRED-STORYTELLING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Mursidi, Adhe Putri (2024) KEEFEKTIFAN METODE PAIRED-STORYTELLING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
SKRIPSI FINAL 2-1 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui perbedaan keterampilan berbicara siswa kelas IV Sekolah dasar antara kelas yang diajar dengan menggunakan metode paired-storytelling dengan kelas yang diajar tanpa menggunakan metode paired-storytelling; 2) mengetahui efektivitas penggunaan metode paired-storytelling dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Balecatur 1 dan SD Negeri Jatisawit tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 60 siswa. Desain penelitian ini adalah eksperimen non-equivalent control group design. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas isi dan konstruk. Reliabilitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah reliabilitas alpha cronbach, sedangkan data penelitian dianalisis menggunakan uji-t dan gain scores. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) nilai � > yaitu ℎ����� � ����� 2,795>2,001 dengan df 58 pada taraf signifikansi 5%. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada prestasi keterampilan berbicara siswa antara kelas yang diajar dengan menggunakan metode paired-storytelling dengan kelas yang diajar tanpa menggunakan metode paired-storytelling; 2) perhitungan rerata gain scores, kelas kontrol diperoleh nilai sebesar 0,0578 dan kelas eksperimen sebesar 0,3044. Hal tersebut berarti bahwa gain scores kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode paired-storytelling lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IV Sekolah Dasar. Kata Kunci : Paired-Storytelling, Keterampilan Berbicara, Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 12 Feb 2024 07:50
Last Modified: 12 Feb 2024 07:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80780

Actions (login required)

View Item View Item