Tingkat Aktivitas Fisik Peserta Didik Usia 9-11 Tahun di SD Negeri Samirono

Hayuningtyas, Nanda Prista (2024) Tingkat Aktivitas Fisik Peserta Didik Usia 9-11 Tahun di SD Negeri Samirono. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_nanda prista hayuningtyas_20604221062.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur seberapa aktif peserta didik usia 9-10 tahun di SD Negeri Samirono, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode penelitia yang digunakan survei. Phisycal Activity Questionnaire for Older Children (PAQ-C) diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Selanjutnya, dilakukan penyesuaian aktivitas fisik yang dapat dilakukan di Indonesia. Data tingkat aktivitas fisik berdasarkan frekuensi, jenis, dan durasi aktivitas yang dilakukan peserta didik dalam tujuh hari terakhir terakhir. Peserta didik berusia 9-11 tahun di SD Negeri Samirono sejumlah 29 orang menjadi sampel. Hasil penelitian ini diketahui bahwa tingkat aktivitas fisik peserta didik usia 9-11 tahun SD Negeri Samirono secara keseluruhan adalah berada pada kategori “Sangat Tinggi” sebesar 10%, kategori “Tinggi” sebesar 17”. Kategori “Sedang” sebesar 34%, kategori “Rendah” sebesar 34% dan kategori “Sangat Rendah” sebesar 3%. Dari hasil pengolahan data tersebut, dapat diartikan bahwa tingkat aktivitas fisik peserta didik usia 9-11 tahun SD Negeri Samirono berada pada kategori “Sedang”.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Nur Sita Utami, M.Or.
Uncontrolled Keywords: aktivitas fisik, peserta didik, usia 9-11 tahun
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 06 Feb 2024 07:45
Last Modified: 06 Feb 2024 07:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80367

Actions (login required)

View Item View Item