Evaluasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) SMK Fase E pada SMK Pusat Keunggulan di Kabupaten Kulon Progo.

Arumsasi, Peni and Jaedun, Amat (2023) Evaluasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) SMK Fase E pada SMK Pusat Keunggulan di Kabupaten Kulon Progo. S2 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
tesis-peni arumsasi-21701251012.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengevaluasi pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) SMK Fase E di SMK Pusat Keunggulan Tahun 2022 di Kabupaten Kulon Progo meliputi komponen: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, dan (3) hasil. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model evaluasi countenance stake. Evaluasi dilaksanakan di SMKN 1 Pengasih, SMKN 2 Pengasih, dan SMK Muhammadiyah 2 Wates, mulai Februari sampai dengan Mei 2023. Responden dalam penelitian ini yaitu 65 guru atau tim fasilitator P5 dan 564 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket serta melalui telaah dokumen dan wawancara. Uji validitas isi menggunakan formula Aiken’s V dan uji validitas konstruk dengan Exploratory Factor Analysis. Reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha untuk instrumen angket dan Intraclass Correlation Coefficient untuk instrumen telaah dokumen. Validasi isi terhadap instrumen penelitian dilakukan melalui expert judgment, dan instrumen dinyatakan valid, dengan koefisien Aiken V ≥ 0,78. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dengan menghitung nilai mean. Hasil penelitian ini adalah: (1) Perencanaan kesiapan satuan pendidikan dalam melaksanakan P5 termasuk dalam kategori sedang dengan skor rata-rata 36,13 dan kemampuan tim fasilitator dalam mengembangkan perangkat perencanaan pembelajaran P5 termasuk dalam kategori sedang dengan skor rata-rata 75,09. (2) Pelaksanaan pembelajaran P5 masuk kategori sedang dengan skor rata-rata 87,21 dan pelaksanaan asesmen P5 masuk kategori sedang dengan skor rata-rata 33,47. (3) Hasil pengolahan dan pelaporan hasil asesmen P5 masuk kategori tinggi dengan skor rata-rata 53,80 dan karakter profil pelajar pancasila peserta didik SMK Fase E masuk kriteria sedang dengan skor rata-rata 92,03. Berdasarkan hasil penelitian, maka satuan pendidikan perlu menyusun sistem dan program yang lebih detail, pemangku kebijakan perlu membuat kebijakan terhadap pengembangan kapasitas tim fasilitator, pemerintah perlu mendorong dan mendampingi satuan pendidikan untuk menyelenggarakan kegiatan peningkatan kapasitas guru dan evaluasi secara berkala, perlu dilakukan penelitian secara lebih mendalam untuk mengetahui penyebab terjadinya kesenjangan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi program, P5, sekolah menengah kejuruan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 16 Jan 2024 07:45
Last Modified: 16 Jan 2024 07:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/80106

Actions (login required)

View Item View Item