PENGARUH METODE REWARD TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS 5 SD MUHAMMADIYAH DI GUNUNGKIDUL

Fitriawati, Desy (2024) PENGARUH METODE REWARD TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS 5 SD MUHAMMADIYAH DI GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
DESY FITRIAWATI_20108241075.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pengaruh signifikan metode reward terhadap pembelajaran IPS siswa kelas 5 SD Muhammadiyah di Gunungkidul (2) perbedaan penggunaan metode reward dengan metode ceramah terhadap hasil belajar siswa kelas 5 SD Muhammadiyah di Gunungkidul. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimental (quasi eksperimen) dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah SD Muhammadiyah Sukorejo dan SD Muhammadiyah Widoro di Gunungkidul. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD Muhammadiyah Sukorejo dan SD Muhammadiyah Widoro, kemudian diambil sampel 15 siswa pada setiap sekolah menggunakan teknik random sampling karena memiliki karakteristik yang sama yaitu berakreditasi A. Instrumen penelitian berupa soal pretest-posttest divalidasi melalui expert judment oleh dosen pembimbing. Data pretest-posttest diolah dengan IBM SPSS versi 26 menggunakan teknik analisis data Uji Mean, Uji N-Gain, dan Uji T. Hasil rata-rata posttest kelompok eksperimen 78,62 (cukup) sedangkan kelompok kontrol 61,54 (kurang). Hasil perhitungan nilai N-Gain kelompok eksperimen adalah 64% (cukup efektif), sedangkan kelompok kontrol sebesar 28% (tidak efektif). Hasil uji paired t-test didapatkan nilai sig (2 tailed) 0,000 < 0,05 dan berdasarkan hasil uji independent t-tes didapatkan nilai sig (2 tailed) 0,000 < 0,05 maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan pada metode reward terhadap pembelajaran IPS siswa dan perbedaan penggunaan metode reward dengan metode ceramah terhadap hasil belajar IPS siswa. Kata Kunci : hasil belajar IPS, kuantitatif eksperimen, metode reward

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 27 Dec 2024 01:32
Last Modified: 27 Dec 2024 01:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79983

Actions (login required)

View Item View Item