PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR IPAS SISWA KELAS 5 MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING

Sari, Diah Nirmala (2024) PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR IPAS SISWA KELAS 5 MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Diah Nirmala S New.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Rendahnya keaktifan siswa dapatmenghambat siswa dalam mengembangkan kemampuannya, sehingga tidak sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa kelas V SDN Mungkid 1 dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Partisipan penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Mungkid 1 yang berjumlah 17 siswa. Desain penelitian ini mengacu pada desain PTK menurut Kemmis dan McTaggart (1988) yang berlangsung dalam dua siklus. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini adalah minimal 75% dari jumlah siswa kelas V di SD N mungkid 1 memiliki keaktifan yang termasuk pada kategori tinggi dan/ atau sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa percaya diri siswa kelas V SD Negeri Mungkid 1 dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing. Dari hasil observasi keaktifan pada siklus pertama mendapatkan presentase skor sebesar 65,56% kemudian meningkatkan di siklus II menjadi 82,60%, sedangkan hasil angket keaktifan siswa pada siklus pertama mendapatkan presentase skor sebesar 63,97% kemudian meningkat menjadi 80,78%. Tindakan siklus Il telah mencapai kriteria keberhasilan penelitian yaitu 75% dari jumlah siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas V SD Negeri Mungkid 1. Kata kunci: Keaktifan, Snowball Throwing, Siswa SD

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 17 Dec 2024 04:14
Last Modified: 17 Dec 2024 04:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79977

Actions (login required)

View Item View Item