PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI KEBERAGAMAN SOSIAL BUDAYA (POLIRASA) BERBASIS KOMPETENSI 4C UNTUK SISWA KELAS V SD NEGERI PREMBULAN KAPANEWON GALUR

Kusumaningtyas, Arum (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI KEBERAGAMAN SOSIAL BUDAYA (POLIRASA) BERBASIS KOMPETENSI 4C UNTUK SISWA KELAS V SD NEGERI PREMBULAN KAPANEWON GALUR. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Arum Kusumaningtyas.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran Monopoli Keberagaman Sosial dan Budaya (POLIRASA) berbasis kompetensi 4C yang layak dan praktis digunakan untuk siswa kelas V SD Negeri Prembulan pada materi keberagaman sosial dan budaya. Penelitian dan pengembangan media pembelajaran POLIRASA berbasis kompetensi 4C ini menggunakan tiga tahap pengembangan, yaitu analyze (analisis), design (perancangan), dan development (pengembangan) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE. Pada tahap analisis, dilakukan analisis karakteristik peserta didik, analisis kebutuhan peserta didik, serta analisis materi berdasarkan hasil observasi dan wawancara. Pada tahap perancangan, dilakukan perancangan media pembelajaran dan juga perancangan instrumen. Sementara pada tahap pengembangan, dilakukan proses pembuatan media pembelajaran, validasi media pembelajaran oleh ahli media dan ahli materi, dan dilakukan uji coba small group trial serta field trial. Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Prembulan yang berjumlah 28 siswa dan satu guru kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan angket. Instrumen penelitian ini adalah pedoman wawancara, pedoman observasi, dan angket. Sementara teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran POLIRASA berbasis kompetensi 4C layak dan praktis digunakan untuk materi keberagaman sosial dan budaya siswa kelas V SD Negeri Prembulan. Kelayakan media pembelajaran diperoleh dari hasil validasi ahli materi yang mendapatkan skor ratarata 4,78 dengan kategori sangat layak, sementara hasil validasi ahli media memperoleh skor rata-rata 4,33 dengan kategori sangat layak. Kepraktisan media pembelajaran dinilai dari hasil respon siswa yang mendapatkan skor rata-rata 4,6 dengan kategori sangat praktis dan hasil respon guru dengan skor rata-rata 4,77 dengan kategori sangat praktis. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Kompetensi 4C, Keberagaman Sosial Budaya

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 09 Jan 2024 01:44
Last Modified: 09 Jan 2024 01:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79948

Actions (login required)

View Item View Item