IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI SD NEGERI 2 WONOREJO NANGGULAN KULON PROGO

Renita, Dwi (2024) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI SD NEGERI 2 WONOREJO NANGGULAN KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Dwi Renita.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan implementasi karakter peduli lingkungan di SD Negeri 2 Wonorejo Nanggulan Kulon Progo. Selain itu, mengungkap keunikan yang ada di sekolah tersebut sehingga dapat digunakan sebagai referensi untuk sekolah lainnya. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru kelas III dan V, siswa kelas III dan V, serta petugas kebersihan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana (2014) yakni pengumpulan data, kondensasi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data pada penelitian ini yakni uji kredibilitas dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan dilaksanakan melalui: (1) Pengintegrasian pada mata pelajaran dengan perencanaan membuat silabus dan RPP, melaksanakan silabus dan RPP yang sudah dibuat, dan melakukan evaluasi pada pembelajaran. Karakter peduli lingkungan dilakukan setiap hari, tetapi tidak semua pembelajaran memasukkan, tergantung materi mana yang sesuai. (2) Kegiatan rutin melalui pembiasaan memelihara kebersihan dan kelestarian lingkungan sekolah, memisahkan jenis sampah, dan hemat energi. (3) Kegiatan spontan dengan cara guru dan karyawan menegur langsung apabila ditemukan siswa yang melakukan tindakan kurang baik terkait peduli lingkungan. (4) Keteladanan dilakukan oleh guru maupun karyawan kepada siswa melalui perilaku yang mencerminkan peduli lingkungan dan ikut serta program yang dibuat sekolah. Selain itu, sekolah membuat progam unik yaitu duta lingkungan kelas dimana sesama siswa diharapkan saling memberikan keteladanan. (5) Pengondisian dilakukan dengan menyediakan sarana prasana dan kegiatan kondisional pendukung pelaksanaan karakter peduli lingkungan, salah satunya saluran pembuangan limbah air seni dengan desain khusus sehingga dapat digunakan sebagai pupuk tanaman. Kata kunci : karakter peduli lingkungan, implementasi, SD Negeri 2 Wonorejo

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 09 Jan 2024 00:55
Last Modified: 09 Jan 2024 00:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79947

Actions (login required)

View Item View Item