PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI METODE FIELD TRIP PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 KANOMAN

Safitri, Amalia Dyah (2024) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI METODE FIELD TRIP PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 KANOMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Amalia Dyah Safitri.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis karangan deskripsi melalui metode field trip dan (2) meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi melalui metode field trip pada siswa kelas V SD Negeri 1 Kanoman. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah 12 siswa kelas V SD Negeri 1 Kanoman. Desain penelitian yang digunakan mengacu pada desain penelitian tindakan kelas menurut Kemmis dan McTaggart dan berlangsung selama dua siklus. Data dikumpulkan dengan observasi, tes unjuk kerja, catatan lapangan, dan dokumentasi. Sementara teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil observasi aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran menunjukkan peningkatan kualitas proses pada tiap-tiap indikator di setiap pertemuan. Hal ini didukung dengan perolehan skor aktivitas guru sebesar 71,9% dan meningkat menjadi 90,6% pada siklus II. Sedangkan, rata-rata skor hasil pengamatan aktivitas siswa pada siklus I sebesar 66,25% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 87,5%. Hasil tes unjuk kerja menulis karangan deskripsi mengalami peningkatan pada setiap indikatornya. Peningkatan terjadi pada setiap pertemuan dari siklus I hingga siklus II didukung dengan adanya nilai rata-rata kelas yang diperoleh pada siklus I sebesar 75,89 serta pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 86,9. Sementara itu, presentase ketuntasan klasikal juga meningkat, yakni sebesar 58,33% di siklus I dan meningkat menjadi 91,66% di siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kualitas proses dan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas V SD Negeri 1 Kanoman dapat ditingkatkan melalui metode field trip. Kata kunci: keterampilan menulis, field trip, karangan deskripsi, sekolah dasar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 08 Jan 2024 07:19
Last Modified: 08 Jan 2024 07:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79937

Actions (login required)

View Item View Item