War’ana, Dzakia (2023) HUBUNGAN OPTIMISME AKADEMIK DENGAN STUDENT SUBJECTIVE WELL-BEING PADA SISWA DI PESANTREN. S1 thesis, Universitas negeri Yogyakarta.
|
Text
Skripsi_Fulltext_ Dzakia Warana_16112144005.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan optimisme akademik dengan student subjective well-being pada remaja yang tinggal di pesantren Bina Madani Putri Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 1 sampai 3 SMA yang tinggal di Pesantren Bina Madani Putri Magelang berjumlah 70 siswa. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik probability sampling dengan jenis stratified random sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan dua skala yakni skala optimisme akademik dan skala kesejahteraan subjektif siswa yang telah melalui proses uji validitas dan reliabilitas. Instrumen tersebut kemudian disebar dengan metode kuisioner dan diskor dengan menggunakan skala likert. Analisis data dilakukan dengan pearson product moment. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara optimisme akademik dengan student subjective well-being dengan ρ = 0,419. Artinya, meningkatnya optimisme akademik berhubungan dengan kesejahteraan subjektif siswa, begitu juga sebaliknya, meningkatnya kesejahteraan subjektif siswa berhubungan dengan optimisme akademik. Tingkat korelasi antara optimisme akademik dengan student subjective welll-being sebesar 0, 419 termasuk dalam kategori sedang. Kata kunci: optimisme akademik, kesejahteraan subjektif siswa, remaja.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | Filsafat. Psikologi. Agama > Psikologi |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Psikologi |
| Depositing User: | Jurusan Psikologi |
| Date Deposited: | 05 Dec 2023 07:23 |
| Last Modified: | 05 Dec 2023 07:23 |
| URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79738 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
