Pengembangan model latihan berbasis FITT Challenge Untuk Memperbaiki IMT, Persentase Lemak Tubuh, Body Age, dan Kebugaran Aerobik Pada Remaja Putri Overweight

Nurhadi, Farid Imam (2023) Pengembangan model latihan berbasis FITT Challenge Untuk Memperbaiki IMT, Persentase Lemak Tubuh, Body Age, dan Kebugaran Aerobik Pada Remaja Putri Overweight. S3 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_farid imam nurhadi_20608261021.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menyusun model latihan berbasis FITT Challenge, (2) mengetahui kelayakan model latihan, (3) menguji keefektifan model latihan dalam memperbaiki IMT, persentase lemak tubuh, body age, dan kebugaran aerobik pada remaja putri overweight. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan pendekatan analisis, design, development, implementation, evaluation (ADDIE). Langkah-langkah pengembangan sebagai berikut: (1) studi pendahuluan, (2) desain model, (3) validasi instrumen dan revisi, (4) validasi model dan revisi, (5) uji coba terbatas dan revisi, (6) uji coba luas dan revisi, (7) uji efektivitas. Uji coba terbatas dilakukan pada 3 instruktur kebugaran/personal trainer dan 13 remaja putri overweight, uji coba luas dilakukan pada 7 instruktur kebugaran/personal trainer dan 31 remaja putri overweight. Sampel uji efektivitas 35 remaja putri overweight. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik delphi, wawancara, dan kuesioner. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner, tes pengukuran IMT, tes pengukuran persentase lemak, tes pengukuran body age, dan tes pengukuran kebugaran aerobik. Analisis data menggunakan product moment. Uji efektivitas menggunakan uji statistik paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model latihan untuk remaja putri overweight dikembangkan dengan metode ADDIE, menghasilkan 4 model latihan yaitu FITT Challenge I, FITT Challenge II, FITT Challenge III, dan FITT Challenge IV (2) pengembangan model latihan berbasis FITT Challenge untuk memperbaiki IMT, persentase lemak tubuh, body age, dan kebugaran aerobik pada remaja putri overweight yang dikembangkan dinyatakan layak dengan rumus indeks Aiken dengan skor V terendah sebesar 0,786 dan skor V tertinggi sebesar 1,000 pada taraf signifikansi 5% adalah sebesar 0,50. Penilaian dari peserta pada uji skala kecil memperoleh skor 93.64% dan dari penilaian instruktur kebugaran/personal trainer memperoleh skor 93.33%. Penilaian peserta pada uji coba skala besar memperoleh skor 94.94% dan dari penilaian instruktur kebugaran/personal trainer memperoleh skor 95.73% (3) Hasil uji efektivitas menunjukkan bahwa hasil nilai signifikansi pada IMT, persentase lemak tubuh, body age, dan kebugaran aerobik kurang dari 0,05 (p<0,05), maka dapat diartikan terdapat perbedaan yang signifikan saat pretest dan posttest. Dapat disimpulkan hasil latihan menggunakan model FITT Challange efektif untuk memperbaiki IMT, persentase lemak tubuh, body age, dan kebugaran aerobik pada remaja putri overweight.

Item Type: Thesis (S3)
Additional Information: Promotor: Prof. Dr. Wawan Sundawan Suherman, M.Ed. Kopromotor: Prof. Dr. Yudik Prasetyo, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: model latihan, IMT, persentase lemak tubuh, body age, kebugaran aerobik
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 23 Nov 2023 03:58
Last Modified: 23 Nov 2023 03:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79278

Actions (login required)

View Item View Item