Korelasi Antara Tingkat Kesegaran Jasmani (Physical Fitness) dan Kesehatan Mental (Mental Health) Dengan Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani Di SMP Negeri 1 Jetis Kabupaten Bantul

Ummah, Naafi Aminatul (2023) Korelasi Antara Tingkat Kesegaran Jasmani (Physical Fitness) dan Kesehatan Mental (Mental Health) Dengan Prestasi Belajar Pendidikan Jasmani Di SMP Negeri 1 Jetis Kabupaten Bantul. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_naafi aminatul ummah_19601241066.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan yang berarti antara tingkat kesegaran jasmani dan Kesehatan mental terhadap prestasi belajar penjas di SMP Negeri 1 Jetis Kabupaten Bantul. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasional dengan memiliki populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jetis Bantul. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 53 orang yang ditentukan dengan menggunakan Teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode survei dengan teknik tes dan pengukuran. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kesegaran jasmani dengan panduan TKJI untuk usia 13-15 tahun, tes angkat Kesehatan mental, dan hasil nilai belajar penjas. Hasil uji validitas angket menunjukkan 27 pertanyaan dinyatakan valid dengan nilai r hitung > r tabel nilai reliabilitasnya sebesar 0,834. Hasil analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa variabel kesegaran jasmani dan Kesehatan mental secara simultan mempunyai pengaruh positif terhadap prestasi belajar Penjas. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Sujarwo, M.Or.
Uncontrolled Keywords: kesegaran jasmani, kesehatan mental, prestasi
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 23 Nov 2023 02:28
Last Modified: 23 Nov 2023 02:28
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/79249

Actions (login required)

View Item View Item