Hubungan Panjang Tungkai dan Power Tungkai dengan Ketepatan Tendangan “T” pada Atlet Keluarga Besar Pencak Silat Panca Bela

Aulihar, Krisna Pratama (2023) Hubungan Panjang Tungkai dan Power Tungkai dengan Ketepatan Tendangan “T” pada Atlet Keluarga Besar Pencak Silat Panca Bela. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan.

[img]
Preview
Text
fulltext_krisna pratama aulihar_19602244019.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui hubungan antara panjang tungkai dengan ketepatan tendangan “T” pada atlet Keluarga Besar Pencak Silat Panca Bela. (2) Untuk mengetahui hubungan antara power tungkai dengan ketepatan tendangan “T” pada atlet Keluarga Besar Pencak Silat Panca Bela. (3) Untuk mengetahui hubungan antara panjang tungkai dan power tungkai dengan ketepatan tendangan “T” pada atlet Keluarga Besar Pencak Silat Panca Bela. (4) Untuk mengetahui sumbangan panjang tungkai dan power tungkai dengan ketepatan tendangan “T” pada atlet Keluarga Besar Pencak Silat Panca Bela. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian adalah atlet pencak silat Keluarga Besar Pencak Silat Panca Bela Banyuwawi yang berjumlah 57 atlet. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dengan kriteria (1) bersedia menjadi sampel, (2) mengikuti tes sesuai jadwal, (3) tidak dalam keadaan sakit, (4) berusia lebih dari 14 tahun, (5) pernah mengikuti pertandingan. Berdasarkan hal tersebut yang memenuhi berjumlah 41 atlet. Instrumen untuk mengukur panjang tungkai menggunakan meteran, power tungkai menggunakan tes vertical jump, dan ketepatan tendangan “T” mengunakan Mega’s Kick Accuracy. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada hubungan yang signifikan antara panjang tungkai dengan ketepatan tendangan “T” pada atlet Keluarga Besar Pencak Silat Panca Bela, dengan p-value 0,007 < 0,05 dan sumbangan sebesar 35,60%. (2) Ada hubungan yang signifikan antara power tungkai dengan ketepatan tendangan “T” pada atlet Keluarga Besar Pencak Silat Panca Bela, dengan p-value 0,022 < 0,05 dan sumbangan sebesar 29,40%. (3) Ada hubungan yang signifikan antara panjang tungkai dan power tungkai dengan ketepatan tendangan “T” pada atlet Keluarga Besar Pencak Silat Panca Bela dengan F hitung 35,370 > F tabel (df 2;38 = 3,24) serta p-value 0,000 < 0,05. (4) Sumbangan variabel panjang tungkai dan power tungkai terhadap ketepatan tendangan “T” pada atlet Keluarga Besar Pencak Silat Panca Bela sebesar 65,10%, sedangkan sisanya sebesar 34,90% dipengaruhi faktor lain di luar penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Agung Nugroho AM., M.Si.
Uncontrolled Keywords: panjang tungkai, power tungkai, ketepatan tendangan “T”
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 22 Nov 2023 06:25
Last Modified: 22 Nov 2023 06:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/78946

Actions (login required)

View Item View Item