MARTHA KRISTINA DWI , SUSLIA (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI LUAR KELAS (OUTDOOR MATHEMATICS) PADA SISWA KELAS III B SD NEGERI GAMOL SLEMAN TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
|
Text
cover - 08108241072.pdf Download (529kB) | Preview |
|
|
Text
bab 1 - 08108241072.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text
bab 2 - 08108241072.pdf Download (224kB) | Preview |
|
|
Text
bab 5 - 08108241072.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text
lampiran - 08108241072.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar melalui model pembelajaran matematika di Luar Kelas( Outdoor Mathematics) pada siswa kelas III B SD Negeri Gamol Sleman tahun ajaran 2011/ 2012. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan pada tanggal 13 Maret sampai 7 April 2012. Subjek penelitian adalah siswa kelas III B SD Negeri Gamol Sleman tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 16 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan teknik kolaboratif. Setiap siklus melalui empat tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar tes dan lembar observasi. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Outdoor Mathematics dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III B SD Gamol pada mata pelajaran matematika. Peningkatan hasil belajar ditunjukan dengan adanya peningkatan pada aspek kognitif yaitu dari nilai ratarata kelas pada pra tindakan 62,19 dengan ketuntasan klasikal 31,25%( 5 siswa). Pada siklus I nilai rata-rata kelas menjadi 69,09 dengan ketuntasan klasikal 56,25% (9 siswa) dan pada siklus II mencapai 85,31 dengan ketuntasan klasikal 87,50%(14 siswa); Peningkatan persentase aspek afektif sebesar 14,69% dari siklus I ke siklus II (71,40% meningkat menjadi 86,09%) dan; Peningkatan persentase aspek psikomotor sebesar 13,6 % dari siklus I ke siklus II (72,96% meningkat menjadi 86,56 %). Adapun proses pembelajaran dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut: 1) membagi siswa dalam kelompok, 2) aktivitas di luar kelas , 3) pemberian tugas , 4) diskusi kelompok, 5) melaporkan hasil dan 7) kesimpulan. Kata Kunci : Hasil Belajar, Matematika, Model Pembelajaran Matematika di Luar Kelas (Outdoor Mathematics)
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Matematika, Model Pembelajaran Matematika di Luar Kelas (Outdoor Mathematics). |
Subjects: | Perpustakaan Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 28 Nov 2012 01:27 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 17:16 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7851 |
Actions (login required)
View Item |