IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MANDIRI MELALUI KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI DI SD NEGERI PANJATAN KABUPATEN KULON PROGO

Ghilmana, Alfrian Shohibul (2023) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MANDIRI MELALUI KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI DI SD NEGERI PANJATAN KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Alfrian Shohibul Ghilmana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter mandiri melalui kegiatan pengembangan diri di SD Negeri Panjatan Kulon Progo Yogyakarta. Implementasi yang ada dilihat dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ditentukan menggunakan teknik purposive yang meliputi kepala sekolah, guru, dan siswa. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi, wawancara, dan studi dokumen. Validitas dan reabilitas data menggunakan uji credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa SD Negeri Panjatan telah melaksanakan tahap perencanaan dengan menyusun program kerja berupa kegiatan rutin, spontan, dan keteladanan; dilanjutkan sosialisasi oleh sekolah kepada siswa dan orang tua siswa; serta pengkondisian sekolah dengan pengadaan poster, pembuatan jadwal kegiatan, dan penyiapan ruang kelas. Pelaksanaan pendidikan karakter mandiri dalam kegiatan rutin dilaksanakan melalui kegiatan SOP pagi dan siang, perilaku hidup bersih dan sehat, pembiasaan beribadah sholat dhuha dan dzuhur, ekstrakulikuler, dan market day. Kemudian dalam kegiatan spontan dilakukan dengan menanamkan kesadaran siswa untuk melaksanakan kegiatan spontan seperti membuang sampah yang berserakan serta pemberian reward dan punisment. Kegiatan keteladanan dilakukan oleh tenaga pendidik dengan mencerminkan memiliki percaya diri, mempunyai motivasi intrinsik, inisiatif dalam melakukan suatu hal, dan bertanggung jawab menyelesaikan tugas tanpa tergantung dengan orang lain. Sedangkan tahap evaluasi dilakukan melalui pengamatan dalam pelaksanaan program yaitu dengan evaluasi proses. Kata kunci: Pendidikan karakter, karakter mandiri, kegiatan pengembangan diri

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 17 Apr 2023 02:14
Last Modified: 17 Apr 2023 02:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/77532

Actions (login required)

View Item View Item