Maraszona, Stella (2020) KEPEMIMPINAN INKLUSI KEPALA SEKOLAH DALAM MEMFASILITASI PENDIDIKAN INKLUSI DI SEKOLAH DASAR NEGERI KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
Text
fulltext_stella maraszona_16101241022.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pandangan kepala sekolah terhadap pendidikan inklusi dan mengidentifikasi praktik kepemimpinan kepala sekolah dalam memfasilitasi pendidikan inklusi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subjek penelitian enam kepala sekolah dasar di Kabupaten Sleman. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan member check. Kemudian teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis data Creswell. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pandangan kepala sekolah terhadap pendidikan inklusi yaitu mampu memberikan layanan pendidikan yang setara dan meningkatkan kemampuan siswa berkebutuhan khusus. Kepala sekolah menjalankan praktik kepemimpinan inklusi dalam proses penyelenggaraan pendidikan inklusi, diantaranya : (1) Menetapkan visi yang tegas dan jelas terkait inklusi, (2) Terlibat dalam Perencanaan Kolaboratif dan Implementasi, (3) Melakukan Audit Ekuitas, (4) Mendesain Ulang Organisasi Sekolah, (5) Membangun Tim Pengajaran, (6) Dukungan Emosional dan Apresiasi, (7) Menggunakan Data Dalam Pengambilan Keputusan, (8) Kepemimpinan Guru, (9) Memastikan hak suara bagi semua, (10) Membangun Kapasitas Staff.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinan Inklusi, Pendidikan Inklusi |
Subjects: | Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Perpustakaan FIP |
Date Deposited: | 17 Nov 2022 01:38 |
Last Modified: | 06 Dec 2022 06:58 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75135 |
Actions (login required)
View Item |