PEMBINAAN PESERTA DIDIK PADA SMP NEGERI INKLUSIF DI KECAMATAN PATUK KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Priambudi, Ardian (2020) PEMBINAAN PESERTA DIDIK PADA SMP NEGERI INKLUSIF DI KECAMATAN PATUK KABUPATEN GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
fulltext_ardian priambudi_16101241003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, evaluasi pembinaan peserta didik pada SMP Negeri inklusif di Kecamatan Patuk Kabupaten Gunungkidul. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru kelas dan Guru BK. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pembinaan peserta didik pada SMP Negeri inklusif di Kecamatan Patuk dilaksanakan setiap awal semester dengan memperhatikan hasil assesmen, kondisi siswa yang berkebutuhan khusus, minat dan bakat siswa, sarana prasarana, tenaga, biaya dan waktu. (2) Pelaksanaan pembinaan siswa yang berkebutuhan khusus dilakukan dengan memberikan perhatian lebih kepada siswa berkebutuhan khusus agar memiliki mental dan motivasi yang tinggi untuk tetap belajar. Kegiatan ekstrakurikuler dibagi menjadi dua yaitu ekstrakurikuler wajib dan ekstrakurikuler pilihan. Strategi pelaksanaan pembinaan peserta didik yang dilaksanakan melalui beberapa kegiatan yaitu mengirimkan siswanya untuk mengikuti kegiatan workshop dan kegiatan perlombaan. (3) Evaluasi pada program pembinaan peserta didik dilakukan setiap akhir semester melalui teknik tes dan non tes. Unsur yang dievaluasi antara lain keaktifan siswa, prestasi siswa, hambatan dalam kegiatan menjadi tolak ukur untuk menentukan kebijakan pada tahun ajaran berikutnya. Evaluasi pembinaan peserta didik antara peserta didik normal dengan peserta didik berkebutuhan khusus, indikator penilaiannya sama berdasarkan kriteria ketuntasan minimal (KKM) dan proses penilaiannya sama. Namun, terdapat perbedaan pada bobot penilaian yang diberikan kepada peserta didik berkebutuhan khusus dan peserta didik normal

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pembinaan peserta didik, pendidikan inklusif
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 14 Nov 2022 08:34
Last Modified: 09 Dec 2022 06:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75092

Actions (login required)

View Item View Item