PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA POP UP BOOK PADA SISWA KELAS IV SD N KEMBANGSARI

Susilo, Salma Azzahra (2022) PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA POP UP BOOK PADA SISWA KELAS IV SD N KEMBANGSARI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Salma Azzahra Susilo.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

Permasalahan penelitian ini didapatkan dari hasil observasi pelaksanaan pembelajaran di kelas IV SD Negeri Kembangsari. Hasil observasi menunjukkan bahwa pembelajaran masih bersifat teacher centered dan kurang tersedianya media penunjang pembelajaran, yang menyebabkan siswa kurang termotivasi dalam belajar sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Oleh sebab itu, Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan motivasi belajar IPA dan (2) meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan media Pop Up Book pada siswa kelas IV SD N Kembangsari. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD N Kembangsari yang berjumlah 34 siswa. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri atas perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar IPA siswa setelah guru menggunakan media Pop Up Book. Tahapan pembelajaran dengan media Pop Up Book yaitu (1) siswa menyimak penjelasan guru, (2) siswa berdikusi kelompok, (3) siswa mempresentasikan hasil pekerjaannya, (4) siswa mengikuti evaluasi belajar. Presentase motivasi belajar IPA siswa meningkat dilihat dari presentase rerata siswa yang mencapai ≥76 % (kategori baik). Pada pra siklus 47,05% siswa (kurang sekali) menjadi 61,67% siswa (cukup) pada siklus I dan 94,11% siswa (sangat baik) pada siklus II. Ketercapaian rerata presentase setiap indikator motivasi belajar IPA meningkat. Pada pra siklus keseluruhan indikator belum mencapai ≥76 %. Pada siklus I terdapat tiga indikator yang belum mencapai ≥76 %. Kemudian pada siklus II keseluruhan indikator telah mencapai ≥76 %. Hasil belajar juga mengalami peningkatan dilihat dari presentase siswa yang telah mencapai nilai ≥70 (KKM). Pada pra siklus 41,18% siswa (kurang sekali) menjadi 70% siswa (kurang) pada siklus I dan 88,24% siswa (sangat baik) pada siklus II. Kata kunci: motivasi belajar IPA, hasil belajar IPA, media Pop Up Book

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 14 Nov 2022 03:00
Last Modified: 14 Nov 2022 03:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75060

Actions (login required)

View Item View Item