Rahmawati, Ariyani Nur (2020) UPAYA PUSTAKAWAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN PERPUSTAKAAN DI SMA NEGERI 1 BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
Text
fulltext_ariyani nur rahmawati_16101241009.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang: (1) upaya pustakawan dalam meningkatkan kualitas layanan perpustakaan di SMA Negeri 1 Bantul, (2) kendala yang yang dihadapi pustakawan dalam meningkatkan kualitas layanan perpustakaan di SMA Negeri 1 Bantul, (3) solusi yang dilakukan pustakawan dalam upaya meningkatkan kualitas layanan perpustakaan di SMA Negeri 1 Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Bantul pada bulan Desember 2019 sampai Februari 2020. Subjek dari penelitian ini adalah wakil kepala sekolah bagian humas, pustakawan, guru, karyawan, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah wawancara, observasi, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data model Miles and Huberman. Uji keabsahan data pada penelitian menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) upaya yang dilakukan pustakawan dalam meningkatkan kualitas layanan perpustakaan di SMA Negeri 1 Bantul dilakukan dengan cara: (a) memberikan layanan pendidikan pemakai kepada siswa baru pada saat pelaksaan PLS, (b) memberikan layanan terbaik yang diwujudkan dengan melengkapi koleksi bahan pustaka, memperbaiki sarana prasarana perpustakaan, serta memberikan layanan KBM di perpustakaan, (c) memberikan kenyamanan kepada pemustaka, (d) membangun kerjasama dengan warga sekolah serta perpustakaan mitra sekolah, (e) memperbaiki komunikasi pustakawan, dan (f) menambah ilmu pengetahuan kepada pustakawan. (2) Kendala yang dihadapi pustakawan dalam meningkatkan kualitas layanan perpustakaan berupa: (a) kekurangan koleksi bahan pustaka, (b) dana yang diberikan terbatas, dan (c) sumberdaya manusia untuk pustakawan masih kurang. (3) Solusi yang dilakukan pustakawan dalam upaya meningkatkan kualitas layanan berupa: (a) menerima wakaf buku dari siswa,guru, dan karyawan serta perpustakaan mitra sekolah, (b) memperjuangkan kebijakan sekolah yang berkaitan dengan pendanaan, dan (c) sinergi dengan kepala sekolah, guru, karyawan, dan siswa dalam upaya peningkatan layanan perpustakaan
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Librarian Effort, Quality of Services, Library |
Subjects: | Pendidikan > Administrasi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Perpustakaan FIP |
Date Deposited: | 11 Nov 2022 02:24 |
Last Modified: | 11 Nov 2022 04:02 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/75042 |
Actions (login required)
View Item |