EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN PROGRAM CABRI 3D UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG KONSEP SIKU-SIKU DALAM SUB-POKOK BAHASAN PENERAPAN TEOREMA PHYTAGORAS PADA BANGUN RUANG DI KELAS VIII SMP PANGUDI LUHUR GANTIWARNO

Angger Rengga, Hutama and M. Andy, Rudhito (2012) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN PROGRAM CABRI 3D UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG KONSEP SIKU-SIKU DALAM SUB-POKOK BAHASAN PENERAPAN TEOREMA PHYTAGORAS PADA BANGUN RUANG DI KELAS VIII SMP PANGUDI LUHUR GANTIWARNO. Kontribusi Pendidikan Matematika dan Matematika dalam Membangun Karakter Guru dan Siswa. pp. 1-10. ISSN 978-979-16353-8-7

[img]
Preview
Text
P - 8.pdf

Download (95kB) | Preview
Official URL: http://www.uny.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran dengan Program Cabri 3D dibanding dengan pembelajaran konvensional kaitannya untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep siku-siku pada bangun ruang. Penelitian ini dilakukan di SMP Pangudi Luhur Gantiwarno tahun ajaran 2012/2013. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIIIA dan VIIIB yang memiliki kemampuan akademis hampir sama. Pembelajaran di kelas VIIIA menggunakan metode konvensional dan pembelajaran di kelas VIIB menggunakan program Cabri 3D. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif-deskriptif dan kuantitatif. Data penelitian dikumpulkan dengan cara observasi langsung dikelas, wawancara dengan guru matematika, hasil pekerjaan, wawancara dan kuisioner. Peneliti melakukan tes awal, pemberian materi / penanaman konsep siku-siku dan tes evaluasi. Hasil penelitian berupa deskripsi proses dan membandingkan hasil belajar dari kedua kelas dalam pembelajaran sub-pokok bahasan penerapan Teorema Phytagoras pada Bangun Ruang. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa kelas VIIIB yang menggunakan program Cabri 3D dalam pembelajaran matematika lebih tinggi dibandingkan dengan kelas VIIIA. Berdasarkan hasil kedua pembelajaran tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan Cabri 3D lebih efektif dalam membantu mengatasi kekurang pemahaman siswa tentang konsep siku-siku dibandingkan dengan pembelajaran konvensional dalam sub-pokok bahasan penerapan Teorema Phytagoras pada Bangun Ruang. Selain itu dapat dilihat keefektifan dari proses belajar mengajar, hasil pembelajaran, kuisioner / kuisioner, dan wawancara. Kata-kata kunci: Efektivitas, Teorema Phytagoras, Konsep Siku-siku, Program Cabri 3D

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Teorema Phytagoras, Konsep Siku-siku, Program Cabri 3D
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2012
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ
Date Deposited: 22 Nov 2012 00:32
Last Modified: 22 Nov 2012 00:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7494

Actions (login required)

View Item View Item