Cahyani, Umi Shoikah Dwi (2022) ANALISIS PERAN ORANG TUA DALAM PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH MASA PANDEMI COVID 19 DI SD NEGERI 3 SEDAYU. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Text
UMI SHOLIKAH DWI CAHYANI.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dan kendala yang dihadapi orang tua dalam pendampingan pembelajaran jarak jauh masa pandemi Covid-19 di SDN 3 Sedayu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah orang tua dan guru SDN 3 Sedayu. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data analisis menggunakan teori Miles dan Huberman dengan menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua dalam pendampingan pembelajaran jarak jauh masa pandemi Covid-19 di SDN 3 Sedayu yaitu: 1) orang tua berperan sebagai pendidik dan pendamping pembelajaran, 2) orang tua berperan sebagai pendorong, 3) orang tua berperan sebagai panutan, 4) orang tua berperan sebagai teman, 5) orang tua berperan sebagai pengawas, 6) orang tua berperan sebagai menasehati anak. Adapun kendala yang dihadapi orang tua dalam pendampingan pembelajaran jarak jauh masa pandemi Covid-19 di SDN 3 Sedayu meliputi: 1) latar belakang tingkat pendidikan orang tua, 2) faktor ekonomi keluarga, 3) hubungan orang tua dengan anak. Kata kunci: peran orang tua, kendala, pendampingan belajar pembelajaran jarak jauh, pandemi Covid, SDN 3 Sedayu.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin PGSD FIP |
Date Deposited: | 03 Nov 2022 05:07 |
Last Modified: | 03 Nov 2022 05:07 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/74913 |
Actions (login required)
View Item |