Pengelolaan Pembelajaran Sistem Blok Pada Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) Pada SMK Negeri di Kabupaten Batang.

Burhan, Nurul and Arifin, Zainal (2020) Pengelolaan Pembelajaran Sistem Blok Pada Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) Pada SMK Negeri di Kabupaten Batang. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-nurul burhan-17702251033.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) efektivitas pembelajaran sistem blok ditinjau dari pendidik; (2) efektivitas pembelajaran sistem blok ditinjau dari siswa; (3) efektivitas pembelajaran system blok ditinjau dari sarana prasarana; (4) hasil belajar siswa setelah penerapan pembelajaran sistem blok. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survei. Data dikumpulkan menggunakan wawancara, observasi, kusioner/angkat, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu SMK Negeri di Kabupaten Batang. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan purpose sampling yaitu ada 2 SMK Negeri yang dijadikan sebagai objek penelitian, dengan pertimbangan hanya SMK Negeri di Kabupaten Batang yang menerapkan pembelajaran sistem blok. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) efektivitas pembelajaran sistem blok ditinjau dari pendidik memiliki efektivitas sangat tinggi. Pada SMKN 1 Warungasem jumlah skor respoden 1693 masuk pada skala sangat tinggi yaitu 380 < 1693 < 1900. Pada SMKN 1 Blado jumlah skor respoden 1608 masuk pada skala sangat tinggi yaitu 360 < 1608 < 1800; (2) efektivitas pembelajaran sistem blok ditinjau dari siswa memliliki efektivitas sangat tinggi. Pada SMKN 1 Warungasem jumlah skor respoden 1496 masuk skala sangat tinggi yaitu 342 < 1496 < 1710. Pada SMKN 1 Blado jumlah skor respoden 1441 masuk skala sangat tinggi yaitu 324 < 1441 < 1620; (3) efektivitas pembelajaran sistem blok ditinjau dari segi sarana prasarana memiliki efektivitas tinggi. Pada SMKN 1 Warungasem jumlah skor respoden 1175 masuk pada skala tinggi yaitu 285 < 1175 < 1425. Pada SMKN 1 Blado jumlah skor respoden 1166 masuk pada skala tinggi yaitu 270 < 1166 < 1350. (4) penerapan pembelajaran sistem blok terhadap hasil belajar siswa melalui Uji Kompetensi Keahlian (UKK) meningkat. Pada SMKN 1 Warungasem, rata-rata nilai UKK sebesar 76,83, meningkat menjadi 82,32. Pada SMKN 1 Blado, rata-rata nilai UKK sebesar 77,48, meningkat menjadi 81,81.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengelolaan pembelajaran, sistem blok, teknik kendaraan ringan otomotif, sekolah menengah kejuruan, nilai UKK.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 17 May 2022 03:04
Last Modified: 17 May 2022 03:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/73040

Actions (login required)

View Item View Item