Evaluasi Pelaksanaan Program Remedial Pembelajaran Matematika Tingkat Sekolah Menengah Pertama Di Kota Makassar.

Misba, Muhammad Faathir Husain and Jailani, Jailani (2020) Evaluasi Pelaksanaan Program Remedial Pembelajaran Matematika Tingkat Sekolah Menengah Pertama Di Kota Makassar. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-muhammad faathir husain misba-16701251030.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan program remedial pembelajaran matematika untuk Sekolah Menengah Pertama di Kota Makassar yang meliputi (1) perencanaan dan kesiapan kegiatan remedial, (2) proses kegiatan remedial, dan (3) penilaian hasil dan tindak lanjut pasca remedial. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi yang menggunakan Discrepancy Evaluation Model. Populasi penelitian adalah seluruh kelas VIII yang telah mengikuti kegiatan remedial di Sekolah Menengah Pertama yang ada di Kota Makassar. Sampel penelitian berjumlah sepuluh SMP dengan 53 siswa ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Pengambilan data di lapangan menggunakan lembar kuesioner. Analisis data menggunakan teknik deskrptif dengan bantuan WPS Spreadsheet dan SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kesiapan dan perencanaan kegiatan remedial masuk dalam kategori Baik dengan persentase nilai kesenjangan sebesar 26,42%; (2) proses kegiatan remedial masuk dalam kategori Tidak Baik dengan persentase nilai kesenjangan sebesar 83,02%; (3) penilaian dan tindak lanjut pasca remedial masuk dalam kategori Tidak Baik dengan persentase nilai kesenjangan sebesar 71,69%. Semua komponen belum sesuai dengan standar yang ditetapkan. Oleh karena itu, rekomendasi yang diberikan adalah (1) guru sebaiknya memanfaatkan perangkat analisis butir agar tingkat kesulitan soal dapat diukur dan tidak melebihi kemampuan kognitif siswa; (2) guru dalam melaksanakan remedial kepada siswa sebaiknya tetap memberikan pembelajaran ulang untuk materi yang tidak tuntas disesuaikan dengan kelemahan dan kebutuhan siswa di luar jam pembelajaran reguler; (3) guru setelah melaksanakan kegiatan remedial sebaiknya tetap harus memantau perkembangan belajar siswa agar dapat diketahui sejauh mana pelaksanaan kegiatan remedial berdampak positif bagi siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, Discrepancy Evaluation Model; remedial.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Apr 2022 06:42
Last Modified: 19 Apr 2022 06:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72872

Actions (login required)

View Item View Item