Pengembangan Modifikasi Frekuensi, Durasi, dan Beban Latihan untuk Meningkatkan Reactive Agility dan Endurance (VO2Max) Kinerja Tenis Meja Yunior Putra

Widodo, Hary (2022) Pengembangan Modifikasi Frekuensi, Durasi, dan Beban Latihan untuk Meningkatkan Reactive Agility dan Endurance (VO2Max) Kinerja Tenis Meja Yunior Putra. S2 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_hary widodo_20732251041.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modifikasi frekuensi, durasi dan beban latihan untuk meningkatkan reactive agility dan endurance (vo2max) kinerja pada atlet tenis meja yunior putra. Jenis penelitian yaitu Research and Development atau R&D (Penelitian dan Pengembangan). Desain penelitian menggunakan pendekatan metode campuran (Mix Method) kuantitatif dan kualitatif. Dalam penelitian ini menggunakan empat macam desain atau langkah penelitian, yaitu (1), desain penelitian kualitatif untuk penelitian awal, (2) desain penelitian kualitatif dengan teknik menggunakan Systematic Literature Review atau Systematic Review, (3) desain Uji ahli, (4) desain uji coba, (5) desain penelitian pra-eksperimen prettest-posttes group desain untuk uji efektifitas produk yang dikembangkan. Subjek penelitian adalah tujuh orang ahli, dan 23 atlet berpartisipasi dalam penelitian ini, lokasi penelitian untuk uji eksperimen berada di PTM Victory dan PTM Genesis. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah agility test tenis meja, Multistage Fitness Test, dan kuesioner dengan skala 1-4 (sangat relevan, relevan, kurang relevan dan tidak relevan). Analisis data uji validitas ahli menggunakan Aiken’s dan uji hipotesis menggunakan paired t-test. Hasil dari penelitian ini telah dikembangkan program latihan untuk meningkatkan reactive agility dan endurance (vo2max) mendapatkan nilai Aiken V aspek pertama 0,904, aspek kedua 0,904, aspek ketiga 0,904, aspek keempat 0,809, aspek kelima 0,952, aspek keenam 0,761, aspek ketujuh 0,952, aspek kedelapan 0,904, aspek kesembilan 0,857, hasil uji kepraktisan didapatkan hasil diantara 75%-100% maka dikatakan praktis, dan hasil uji efektifitas reactive agility mendapatkan nilai p 0,000 dan juga endurane (vo2max) mendapatkan nilai p 0,000, maka latihan sebelum dan sesudah menggunakan program latihan yang dikembangkan dikatakan memiliki perbedaan yang signifikan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah semua aspek latihan dikatakan valid, praktis dan juga program latihan yang dikembangkan dapat meningkatkan reactive agility dan endurance (vo2max) kinerja tenis meja yunior putra.

Item Type: Thesis (S2)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Tomoliyus, M.S.
Uncontrolled Keywords: reactive agility, endurance, tenis meja, yunior putra
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 23 Feb 2022 03:59
Last Modified: 23 Feb 2022 03:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/72458

Actions (login required)

View Item View Item