PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN DARING DI SD NEGERI GADINGAN KULON PROGO

Noesa, Paramitha Bella (2022) PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN DARING DI SD NEGERI GADINGAN KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Paramitha Bella Noesa.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dalam pembelajaran daring di SD Negeri Gadingan Kulon Progo. Pelaksanaan PPK dalam pembelajaran daring dilihat dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus. Subyek penelitian ditentukkan menggunakan teknik purposive yang meliputi kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Data dikumpulkan menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Sedangkan untuk uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik analisis data dengan menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan SD Negeri Gadingan Kulon Progo telah melaksanakan PPK dari perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi. Tahap perencanaan dilaksanakan dengan kegiatan penyusunan program PPK, nilai-nilai PPK yang diterapkan dalam pembelajaran daring, alokasi waktu pelaksanaan PPK dalam pembelajaran daring, jadwal harian/mingguan pelaksanaan PPK dalam pembelajaran daring, dan nilai nilai PPK dalam RPP daring. Pelaksanaan PPK dalam pembelajaran daring dilaksanakan dengan kegiatan pelaksanaan PPK dalam pembelajaran daring, aplikasi yang digunakan dalam melaksankan PPK, pembiasaan yang dilakukan selama pembelajaran daring, keteladanan yang diberikan guru selama pembelajaran daring, dan penugasan terkait PPK dalam pembelajaran daring. Pada tahap evaluasi, SD Negeri Gadingan Kulon Progo telah melakukan kegiatan evaluasi dengan pengawasan oleh kepala sekolah yang dilanjutkan dengan evaluasi kepada guru dan evaluasi yang dilakukan guru kepada peserta didik dengan menggunakan instrument penilaian sikap melalui pengamatan. Kata kunci: PPK, Pembelajaran daring,Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 18 Jan 2022 01:40
Last Modified: 18 Jan 2022 01:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71864

Actions (login required)

View Item View Item