UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DAN SIKAP DISIPLIN SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI PENERAPAN REWARD STICKER PICTURED PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI BALANGAN 1 TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Andini, Amara Rahma (2022) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DAN SIKAP DISIPLIN SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI PENERAPAN REWARD STICKER PICTURED PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI BALANGAN 1 TAHUN PELAJARAN 2020/2021. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Amara Rahma Andini.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA dan sikap disiplin siswa melalui penerapan reward sticker pictured pada siswa kelas IV SD Negeri Balangan I. Aspek hasil belajar IPA yang diukur adalah aspek hasil belajar kognitif yang meliputi aspek mengingat, memahami, menerapkan dan menganalisis. Aspek sikap disiplin yang diteliti adalah; ketaatan terhadap tata tertib, kepatuhan dalam proses pembelajaran dan kerapihan siswa dalam berpakaian. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subyek penelitian siswa kelas IV SD Negeri Balangan I yang berjumlah 18 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan model penelitian Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri atas perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Penelitian ini menggunakan reward sticker pictured dengan beberapa tahapan yaitu persiapan, penjelasan materi, kuis dan pembagian reward, ujian, refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskripsi kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan penerapan reward sticker pictured dapat meningkatkan hasil belajar IPA dan sikap disiplin siswa. Pada pra siklus rata-rata hasil belajar IPA adalah 65,28, dan persentase sikap disiplin siswa 67,17%. Setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I, rata-rata hasil belajar IPA meningkat menjadi 69,44 dan sikap disiplin 74,24%. Pada siklus II rata-rata hasil belajar IPA mencapai 79,72 dan telah memenuhi kriteria keberhasilan penelitian, rata-rata sikap disiplin mencapai 87,37%. Peningkatan tersebut dikarenakan perbaikan berupa kesempatan yang diberikan guru kepada siswa untuk aktif terlibat dalam proses pembelajaran, memberikan motivasi kepada siswa percaya diri dalam menyampaikan pendapatnya. Kata kunci: hasil belajar ipa, sikap disiplin siswa, reward sticker pictured

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 06 Jan 2022 04:40
Last Modified: 06 Jan 2022 04:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71719

Actions (login required)

View Item View Item