UPAYA IMPLEMENTASI KARAKTER DISIPLIN PADA PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI SISWA KELAS IV SD N TEGALSARI GIRIMULYO KULON PROGO YOGYAKARTA

Sulistyo, Irfan (2022) UPAYA IMPLEMENTASI KARAKTER DISIPLIN PADA PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI SISWA KELAS IV SD N TEGALSARI GIRIMULYO KULON PROGO YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Irfan Sulistyo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi karakter disiplin pada pembelajaran di masa pandemi siswa kelas IV SD Negeri Tegalsari Girimulyo Kulon Progo Yogyakarta. Aspek yang diteliti yaitu upaya guru dalam implementasi karakter disiplin pada pembelajaran daring siswa kelas IV SD N Tegalsari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek guru kelas IV, siswa kelas IV, dan kepala sekolah SD N Tegalsari. Penggumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, serta menarik kesimpulan/verifikasi. Uji keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru sudah menerapkan implementasi karakter disiplin pada pembelajaran di masa pandemi siswa kelas IV SD Negeri Tegalsari. Upaya yang dilakukan yaitu dengan: 1) Inkulkasi/penanaman nilai, inkulkasi yang dilakukan guru yaitu menggunakan tata tertib sekolah sebagai acuan dalam menanamkan nilai karakter disiplin, melalui komunikasi secara intens dengan orang tua siswa terkait kegiatan pembelajaran dan kesulitan yang dialaminya, memberikan pemahaman kepada siswa kelas IV terkait karakter disiplin. 2) Keteladanan, keteladanan yang dilakukan guru yaitu dengan pembiasaan, seperti mengenakan seragam dengan rapi, dan memulai pembelajaran dengan berdoa terlebih dahulu dan permodelan yang dilakukan guru, seperti datang kesekolah tepat waktu, dan mengirim tugas ke siswa tepat waktu. 3) Fasilitasi nilai, fasilitasi nilai yang dilakukan guru yaitu dengan pemberian kegiatan kepada siswanya selama pembelajaran daring, seperti memberikan tugas siswa untuk memberihkan dan merawat lingkungan dan pemberian slogan-slogan atau aturan untuk siswanya, seperti melalui tempelan di dinding kelas, dan melalui grup WA. 4) Pengembangan ketrampilan nilai, pengembangan ketrampilan nilai yang dilakukan guru yaitu dengan memberikan kegiatan rutin kepada siswanya, seperti presensi, dan berdoa sebelum memulai pembelajaran dan memberikan kegiatan spontan untuk siswanya, seperti membiasakan bersikap sopan santun, dan melakukan zoom. Kata kunci: Implementasi Karakter Disiplin

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 04 Jan 2022 04:40
Last Modified: 04 Jan 2022 04:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71680

Actions (login required)

View Item View Item