PROBLEMATIKA GURU KELAS DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI DI SD NEGERI TAWANGREJO 1 KECAMATAN TAKERAN KABUPATEN MAGETAN TAHUN AJARAN 2020/2021

Sahera, Vinsa (2022) PROBLEMATIKA GURU KELAS DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI DI SD NEGERI TAWANGREJO 1 KECAMATAN TAKERAN KABUPATEN MAGETAN TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Vinsa Sahera.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan problematika guru kelas dalam pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi di SD Negeri Tawangrejo 1, Magetan. Problematika guru kelas dalam pembelajaran jarak jauh adalah permasalahan – permasalahan yang dialami guru dalam pembelajaran jarak jauh yang meliputi persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas I sampai VI, kepala sekolah, 2 murid kelas tinggi, dan 2 wali murid kelas rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian dari subjek penelitian menunjukkan bahwa problematika guru kelas dalam pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi dapat dilihat dari 3 aspek yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Problematika dalam persiapan pembelajaran yaitu guru masih kesulitan dalam melakukan asesmen diagnostik dan masih bingung dalam merancang RPP BDR. Problematika dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu guru terhambat dalam pembelajaran sesuai prinsip pelaksanaan dan pengondisian serta pemberian motivasi sulit untuk lakukan. Problematika dalam evaluasi yaitu pemberian muatan kontekstual dan rekreasional sulit dilaksanakan, guru sulit untuk mengukur penilaian pencapaian siswa, serta keterbatasan dalam pendampingan dan tindak lanjut. Kata kunci: problematika, pembelajaran jarak jauh, pembelajaran masa pandemi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 04 Jan 2022 02:49
Last Modified: 04 Jan 2022 02:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71670

Actions (login required)

View Item View Item