EVALUASI PROGRAM EKSTRAKURIKULER INFORMATION AND TECHNOLOGY STUDY COMMUNITY DI SMK NEGERI 2 KLATEN

Ferika Cahya Rina, 16105241012 (2021) EVALUASI PROGRAM EKSTRAKURIKULER INFORMATION AND TECHNOLOGY STUDY COMMUNITY DI SMK NEGERI 2 KLATEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
SKRIPSI_TP_FERIKA CAHYA RINA_16105241012_FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program ekstrakurikuler ITSC di SMK Negeri 2 Klaten. Tujuan dari evaluasi ini yaitu : (1) Mengetahui ketercapaian context program ekstrakurikuler ITSC di SMK Negeri 2 Klaten. (2) Mengetahui ketercapaian input program ekstrakurikuler ITSC di SMK Negeri 2 Klaten. (3) Mengetahui ketercapaian process program ekstrakurikuler ITSC di SMK Negeri 2 Klaten. (4) Mengetahui ketercapaian product program ekstrakurikuler ITSC di SMK Negeri 2 Klaten. Penelitian ini termasuk jenis penelitian evaluatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model CIPP. Subyek pada penelitian ini merupakan semua yang terlibat secara langsung pada proses pelaksanaan program ekstrakurikuler ITSC yaitu 67 orang peserta program, 36 orang peserta dan pengurus program, dan 5 orang pembina program. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah mix methods yaitu skala, observasi, dan dokumentasi. Uji validitas instrumen menggunakan teknik korelasi product moment sedangkan uji realibilitas menggunakan teknik alpha cronbach. Perhitungan uji validitas dan realibilitas tersebut menggunakan bantuan SPSS versi 20.0 for windows. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analsisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasar empat aspek yang diteliti program ekstrakurikuler Information Technology and Study Community di SMK Negeri 2 Klaten secara keseluruhan baik yaitu mencapai skor 68,89%. Pertama, pada aspek context program dikategorikan baik karena berada pada skor 72,87%. Kedua, pada aspek input program dikategorikan baik karena berada pada skor 71,56%. Ketiga, pada aspek process program dikategorikan baik karena berada pada skor 61,07%. Keempat, pada aspek product program dikategorikan baik karena berada pada skor 70,02%. Kata Kunci : CIPP, ekstrakurikuler, evaluasi, evaluasi program

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 05 Oct 2025 14:46
Last Modified: 09 Oct 2025 14:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/71657

Actions (login required)

View Item View Item